1.440 Pemuda Jebolan BLK Kendari Siap Magang – Kendari Pos
Metro Kendari

1.440 Pemuda Jebolan BLK Kendari Siap Magang

KENDARIPOS.CO.ID — Ribuan pemuda yang telah menjalani pendidikan di Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari angkatan II tahun 2019, segera magang pada beberapa perusahaan yang tersebar di Sultra. Kepala BLK Kendari, Dr. La Ode Haji Polondu, mengatakan jumlah pemagang dari BLK tahun 2019 berjumlah 1.440 orang. Mereka telah dilatih selama sebulan dan akan ditempatkan di berbagai perusahaan.

“Ini upaya meningkatkan daya saing tenaga kerja dengan mendekatkan kompetensi sesuai kebutuhan pasar kerja. Sehingga mampu bersaing di era globalisasi dalam mengisi kesempatan kerja yang tersedia, baik dalam negeri maupun luar negeri,” terangnya. Menurutnya, kondisi tenaga kerja jebolan SMA atau perguruan tinggi, belum siap mengisi kebutuhan lapangan kerja. Sebab dunia pendidikan dan pelatihan belum sepenuhnya mampu mengikuti perkembangan teknologi yang sangat cepat, sehingga berimbas pada perlunya penyesuaian pola-pola kerja di pasar kerja domestik dan global.

Kepala BLK Dr. La Ode Haji Polondu memberikan sambutan saat pelatihan mentor dan koordinator pemagangan, Jumat (25/10) di Plaza Inn Kendari.

“Salah satu upaya yang dilaksanakan pemerintah, untuk mengatasi kesenjangan antara deman and supply tenaga kerja adalah melalui pemagangan,” ungkapnya. Dengan pemagangan, ia berharap terjadi penyerapan tenaga kerja di perusahaan tempat peserta magang atau di perusahaan lain sesuai dengan kejuruannya.

Sementara itu, Trainner dari Intala, Yuan Badrianto mengaku melatih mentor pemagangan agar mampu membimbing peserta pemagangan pada aspek keterampilan, sikap, pengetahuan, etos kerja dan produktivitas. Termasuk, mampu memotivasi peserta sehingga menjadi tenaga kerja yang kompetitif.

Menurutnya, peran mentor pemagang sangat strategis, maka perlu adanya pembinaan dan peningkatan kompetensi. “Melalui kesempatan ini, saya ingin semua peserta mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, agar tujuan pelatihan ini dapat tercapai dan peserta nantinya semua kompeten. Dengan program pemagangan kita dapat mengentaskan kemiskinan, menurunkan angka pengangguran serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (hel/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy