Transfer Mandek, 38 Desa di Sultra Belum Terima DD – Kendari Pos
Nasional

Transfer Mandek, 38 Desa di Sultra Belum Terima DD

KENDARIPOS.CO.ID — Sejumlah Desa di Sultra harus gigit jari. Penyaluran Dana Desa (DD) yang selama ditunggu-tunggu tak kunjung dicairkan. Alhasil, program kerja Pemerintah Desa (Pemdes) mandek lantaran tidak ada anggaran yang selama ini menjadi amunisi. Padahal anggaran DD telah ditransfer dari Rekening Kas Negara (RKN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Pemda di Sultra.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sultra Tasman Taewa mengatakan mekanisme pencairan dana desa terbagi dalam tiga tahap. Empat bulan pertama sebesar 20 persen empat bulan kedua dan ketiga masing-masing 40 persen.

“Harusnya sekarang sudah 60 persen. Tapi dari data yang kami terima, masih banyak yang belum ditransfer dari kabupaten ke rekening desa,” katanya saat ditemui kemarin.

Dari data DPMD Sultra, sebanyak 38 Desa belum menerima DD tahap I. Sementara 181 Desa yang belum menerima pencairan tahap II. Tasman mengaku tak tahu persis kendala belum dicairkannya dana itu. “Mekanismenya itu tidak lewat kita. Dari rekening negera itu ditransfer oleh Kanwil Perbendaharaan Negara ke rekening Pemda lalu Pemda meneruskan ke desa, “tambahnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top