Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula, Bawaslu Konsel Sosialisasi di SMA – Kendari Pos
Politik

Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula, Bawaslu Konsel Sosialisasi di SMA

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) getol melaksanakan sosialisasi terhadap kaum milenial. Seperti yang dilaksanakan di SMA Negeri 3 Konsel, Kelurahan Punggaluku Kecamatan Laeya, Jumat (20/9/2019).

Kegiatan yang bertajuk “Sosialisasi Goes To School” itu diikuti oleh ratusan siswa tingkat SMA. Ketua Bawaslu Konsel, Hasni S.Pi mengungkapkan, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat partisipatif para calon pemilih pemula jelang pemilihan bupati tahun 2020 mendatang.

Suasana sosialisasi yang digelar Bawaslu.

Disisi lain, sambung dia, Bawaslu mengajak kepada calon pemilih pemula agar menjadi pemilih cerdas, dan bisa membantu penyelenggara bersama-sama mewujudkan pemilu demokrasi sehat, jujur adil dan berintegritas.

“Kenapa harus menjadi pemilih cerdas, pertama, pemilih pemula rawan di politisasi dan dijadikan komoditas politik dan elektabilitas kontestan. Kedua, pemilih pemula rawan di dekati, dipengaruhi dan di mobilisasi,” sambungnya.

Disamping itu, tutur wanita berhijab ini, pemilih pemula masih labil dan emosionalitas tinggi. Apalagi, dewasa ini merrka berada dalam pusaran antusiasme politik dan apatisme politik. Pemilih pemula sering menjadi sasaran empuk politik transaksional atau politik uang.

Ketua Bawaslu Konsel, Hasni S.Pi (tengah) saat acara sosialisasi berlangsung.

“Juga belum berpengalaman dalam mengikuti kegiatan Pemilu. Olehnya, Bawaslu Konsel intens melaksanakan sosialisasi ini dengan mendatangi sekolah memberikan pemahaman terkait kepemiluan sebagai warga negara,” imbuhnya.

Ketua Bawaslu Konsel ini berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, pemilih pemula dapat terselamatkan agar tidak kehilangan hak pilihnya. Para siswa juga harus mengetahui bahwa jika sudah berumur 17 tahun maka sudah harus mengadakan perekaman e KTP elektronik. “Artinya wajib mendaftarkan diri di KPU atau PPS setempat agar terdaftar sebagai wajib pilih,” tandasnya.

Untuk diketahui, sosialisasi tersebut dihadiri ketiga komisioner Bawaslu Konsel dan sejumlah petugas panwas tingkat kecamatan. (kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy