Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, UMK Rancang Desa Agrowisata – Kendari Pos
Edukasi

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, UMK Rancang Desa Agrowisata

Proses peninjauan Desa Alebo, Kabupaten Konawe Selatan yang dilakukan oleh tim pelaksana.

KENDARIPOS.CO.ID — Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), terus berusaha memberikan kontribusi dalam memajukan taraf ekonomi masyarakat Sultra. Terbaru, kampus ini melalui Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPUD) Kementerian Riset Pendidikan Tingggi, merancang Desa Agrowisata.

Desa Alebo, Kecamatan Konda di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) pun dipilih menjadi salah satu tempat pengembangan produk unggulan dari para akademisi kampus yang pimpinan Amir Mahmud tersebut.
Dosen UMK yang melakukan riset di wilayah tersebut, Sabaruddin Sondeng, SE.,M.Si mengatakan, Desa Alebo merupakan daerah yang yang menjadi salah satu produsen utama sayur mayur, palawija, buah-buahan, dan hasil ternak untuk lingkup Kota Kendari. Potensi ini akan menjadi keunggulan tersendiri yang dimiliki oleh masyarakat Desa Alebo, apabila di kelola dengan baik. “Letak geografis yang dimiliki oleh desa Alebo sangat strategis sebagai daerah hasil pertanian, karena memiliki akses yang sangat mudah ke pusat konsumen utama, yakni Kota Kendari dan Pasar Baruga. Sehingga, sebagai unit perdagangan hasil pertanian, akan menjadikan Desa Alebo memiliki keunggulan tersendiri dibanding desa lain di Kabupaten Konsel,” jelasnya, Selasa (24/9).

Setelah melihat potensi yang dimiliki daerah tersebut, pihaknya mengatakan, bahwa desa yang dijuluki dengan Desa Seribu Lorong tersebut, sesungguhnya memiliki potensi yang luar biasa bidang pertanian, sehingga sangat memungkinkan didesain sebagai Desa Agrowisata. “Program ini merupakan salah satu upaya dari UMK, untuk membuka ruang bagi masyarakat yang memiliki potensi yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah bagi masyarakatnya,” ujar Sabaruddin.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy