Sosok Muda Sulit Menang di Pilkada – Kendari Pos
Politik

Sosok Muda Sulit Menang di Pilkada

KENDARIPOS.CO.ID — Tahapan awal pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 tinggal menghitung hari. Hawa kompetisi pun kian terasa. Sosok muda yang diharapkan tampil sebagai motor perubahan diragukan mampu melawan hegemoni politikus senior. Pendapat itu dilontarkan Pakar Komunikasi Politik Sulawesi Tenggara (Sultra), Muh. Najib Husain.

“Ada beberapa kandidat muda yang potensial. Persoalannya, kurang berani tampil karena pengalaman membuktikan mereka sulit menang,” ujar Najib Husain, kemarin. Menurutnya, bukan hanya peluang menang yang minim, sosok muda juga terancam tidak lolos dalam proses penjaringan bakal calon melalui partai politik. Hal ini erat kaitannya dengan keterbatasan sumber daya yang dimiliki politikus muda. Partai politik, kata mantan Ketua Tim Seleksi Calon Anggota KPU Sultra ini, lebih melirik figur yang punya kemampuan finansial memadai. Sebab, kerja-kerja politik membutuhkan dukungan finansial tidak sedikit. Jika politikus muda tersebut berasal dari kalangan elit, bukan tidak mungkin ia mendapat restu partai.

Ilustrasi

Tantangan lainnya yang dihadapi, sebut Najib, yakni kurang mendapat kepercayaan dari masyarakat. Kendati populer, tidak menjamin elektabilitasnya tinggi. Terlebih jika melawan petahana yang memiliki basis massa kuat. Meski sosok tersebut merupakan anggota parlemen yang juga memiliki basis massa, menurutnya, kasusnya akan berbeda ketika kompetisinya Pilkada. “Cukup berisiko. Kalau maju Pilkada harus melepas jabatan sebagai anggota parlemen,” imbuhnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top