Smart SIM Resmi Diluncurkan, Biaya Pembuatan Tetap – Kendari Pos
Nasional

Smart SIM Resmi Diluncurkan, Biaya Pembuatan Tetap

Operasi patuh anoa dilaksanakan oleh Satlantas Polres Kendari, di Jalan Malaka, Kendari, Kamis (29/8). Smart Surat Izin Mengemudi (SIM) resmi diluncurkan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Tak hanya itu, Korlantas Polri juga memperkenalkan aplikasi SIM online.

KENDARIPOS.CO.ID — Smart Surat Izin Mengemudi (SIM) resmi diluncurkan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Tak hanya itu, Korlantas Polri juga memperkenalkan aplikasi SIM online. Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas Polri) Inspektur Jenderal Refdi Andri mengatakan Smart SIM merupakan terobosan baru dari Polri dengan mengubah desain dan menambah fungsi dari SIM.

Fungsi baru Smart SIM, salah satunya dapat menjadi uang elektronik dalam pembayaran tol, parkir, hingga naik kereta. Saldo uang elektronik Smart SIM maksimal Rp2 juta. Terkait warga yang masih memiliki SIM betuk lama, Refdi mengatakan tak perlu khawatir. “SIM yang lama yang masih ada masa berlakukanya tetap dimanfaatkan dan tetap digunakan sehingga tetap menjadi pemilik bersangkutan,” ungkap Refdi.

Untuk itu, ia mengimbau bagi pengendara yang SIM-nya akan habis masa berlakunya segeralah melakukan perpanjangan. “Jangan sampai nanti ada waktu SIM masa berlakunya habis itu akan dilakukan uji ulang. Tapi kalau untuk perpanjangan sebelum waktunya habis segera laporkan. Dan registrasi online sudah bisa dilakukan,” tuturnya.

Selain itu, Refdi mengatakan proses perubahan SIM lama menjadi pintar sama sekali tidak berbeda dengan proses pembuatan SIM maupun perpanjangan SIM sebelumnya. Demikian pula dengan biaya pembuatan SIM pintar pun tidak berbeda dengan biaya pembuatan SIM lama. “Soal biaya tidak ada perubahan. Semua tetap mengacu kepada PP 60. Sehingga tidak ada penambahan biaya. Yang kita tambah adalah peningkatan kualitas pelayanan. Kualitas menjadi lebih baik dan lebih simpel sehingga lebih indah dilihat,” ucapnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy