Sahlan Saranani, Mantan Kasatpol PP Konawe Segera Diadili – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Sahlan Saranani, Mantan Kasatpol PP Konawe Segera Diadili

KENDARIPOS.CO.ID — Penyidik Polres Konawe melakukan tahap dua perakara dugaan korupsi dana makan minum di lingkup Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Konawe triwulan III dan IV tahun anggaran 2018. Tersangka Sahlan Saleh Saranani (mantan Kadis Satpol PP dan Damkar Konawe) beserta barang bukti telah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Konawe, Rabu (18/9).

Kasat Reskrim Polres Konawe Iptu Rahmat Zam zam mengatakan, penyerahan tersangka tertuang dalam surat Kapolres Konawe Nomor : R/49.a/IX/RES.3.3/2019/Sat Reskrim. Mengingat, kejaksaan telah menyatakan berkas tersangka lengkap alias P21. Sementara itu, Kasi Pidsus Kejari Konawe, Bustanil menambahkan status tersangka saat ini menjadi tahanan Kejari Konawe. Yang bersangkutan telah dititip di Rutan Klas IIA Kendari untuk menunggu jadwal persidangan di Pengadilan Tipikor-PHI Klas IA Kendari.

Ia mengatakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) sudah disiapkan untuk mendakwa Sahlan. Saat ini, hanya menunggu agenda jadwal persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Kendari. Soal jadwal sidang, kata dia, itu domain pengadilan. “Saat ini kita sedang menyusun berkas dakwaan yang nantinya akan dibacakan dalam persidangan,” ungkapnya. Tersangka dijerat pasal 2 Ayat (1) dan atau pasal 3 undang-undang nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana diubah dengan undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan korupsi Jo pasal 55 Ayat (1) Ke-1 KUHP. Dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Untuk diketahui, Sahlan Saleh Saranani diduga menyalahgunakan uang makanan dan minuman serta belanja kegiatan di Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Konawe. Modusnya, tersangka membuat laporan pertanggungjawaban fiktif sehingga menyebabkan kerugian negara sebesar Rp 246 juta. (adi/c).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top