Rusman Emba Menginspirasi Indonesia di Panggung Kongres Nasional – Kendari Pos
Nasional

Rusman Emba Menginspirasi Indonesia di Panggung Kongres Nasional

Bupati Muna, Rusman Emba (dua dari kanan) sukses menginspirasi Indonesia melalui paparannya tentang transmigrasi di Muna.

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Muna, LM. Rusman Emba akhirnya tuntas menjalankan tugasnya dengan baik. Seisi gedung Graha Sabha Pramana Universitas Gajah Mada, Yogyakarta memberi apresiasi meriah. Aplaus undangan dipersembahkan kepada Rusman Emba yang memaparkan konsep pengembangan transmigrasi di kawasan Muna Timur Raya (Mutiara).

Konsep itu menjadi bahan inspirasi bagi kepala daerah lain di Indonesia. Bupati Rusman menjadi pemateri dalam diskusi panel pada Kongres Transmigrasi 2019 yang digelar Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Rusman Emba satu-satunya kepala daerah yang dipilih karena sukses memoles kawasan Mutiara menjadi percontohan nasional. Rusman dinilai sukses dalam beberapa hal terutama kemampuannya menempatkan transmigran asal Jawa, Bali dan NTT tanpa menimbulkan gejolak masyarakat lokal.
Komunikasi persuasif Rusman berhasil menciptakan sinergi antar penduduk trasmigran dan masyarakat lokal. Hal yang jarang ditemui di daerah lain.

Inspirasi lain yang datang dari Rusman ialah kebijakannya yang sukses mendorong setiap desa mengalokasikan 30 persen dana desa untuk pemberdayaan. Langkah itu membuat para transmigran mendapat hak setara dengan warga lokal.

Kepada Kendari Pos, Rusman Emba menuturkan materi yang dipaparkannya dalam kegiatan berlevel nasional itu. Ia menjelaskan, masyarakat Muna, pada dasarnya sangat toleran. Hal itu membuat kehidupan di wilayah transmigrasi kondusif dan produktif. Salah satu ikhtiarnya merawat itu ialah dengan membagi secara adil perumahan transmigrasi. “Jadi sikap adil itu mendatangkan sinergi,” paparnya.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy