Rusman Berencana Kembali “Utak-atik” Kabinet – Kendari Pos
Muna Barat

Rusman Berencana Kembali “Utak-atik” Kabinet

LM. Rusman Emba

KENDARIPOS.CO.ID — Isu perombakan ‘kabinet’ di birokrasi Pemkab Muna kembali mencuat. Badan Kepegawaian menyebut tidak kurang 500 pejabat eselon akan terkena mutasi. Pergeseran yang akan dilakukan dalam waktu dekat itu akibat peraturan pemerintah nomor 18 tahun 2016.

Plt. Kepala Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Muna, Rustam menyebut mutasi akan dilakukan sebagai konsekuensi perubahan nomenklatur sejumlah jabatan eselon. Beberapa diantaranya ialah jabatan di sekretariat daerah, para kepala sekolah dan tenaga teknis lain. “Kami hitung kurang lebih 500 orang,” kata Rustam, kemarin.

Selain akibat perubahan nomenklatur, mutasi juga akan menyasar kursi jabatan yang kosong dan penyegaran pada sejumlah posisi. Rustam tidak merinci, namun kabarnya pejabat eselon II juga masuk dalam bidikan perombakan. Hal itu akibat adanya rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara ihwal pengembalian jabatan enam enam pejabat eselon II yang terkena demosi 2018 lalu. “Semangat mutasi itu kan penyegaran. Tetapi lebih jauh terserah pimpinan,” paparnya.

Mantan Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa tersebut menerangkan, penyesuaian jabatan kini sudah selesai disusun. Pelaksanaan mutasi tinggal menunggu kesiapan Bupati Muna LM. Rusman Emba. “Konsep sudah selesai, tinggal kesempatan pimpinan saja,” urainya.

Menurut Kepala Bagian Organisasi Tata Laksana Sekretariat Daerah Muna La Ode Matalana, PP 18 tahun 2016 yang petunjuk teknisnya diatur dalam Permendagri nomor 56 tahun 2019 dan diturunkan lagi dalam Perbup nomor 18 tahun 2019 diantaranya mengatur organisasi sekretariat daerah yang naik menjadi tipe A. Konsekuensinya struktur Setda berubah menjadi 12 bagian dari sebelumnya hanya sembilan bagian.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top