Rupiah Kembali Menguat – Laman 2 – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Rupiah Kembali Menguat

Prof. Nurwati berharap, seiring meredahnya tensi perang dagang tersebut, Indonesia bisa memanfaatkannya dengan meningkatkankan potensi ekonomi negara, seperti ekspor. “Kalau kita ekspor, otomatis akan meningkatkan saldo devisa kita, banyak dolar yang akan masuk dinegara kita. Atau bisa juga melakukan reformasi regulasi perpajakan yang diharapkan bisa menunjang daya saing ekonomi,” ucapnya.

Selain itu, kata Prof Nurwati, meredahnya tensi perang dagang, juga bisa dimanfaatkan pemerintah untuk memperbaiki kemudahan investasi dalam negeri. “Dengan begitu investor semangat menanamkan modal di Indonesia. Otomatis Dolar kita banyak. Kalau banyak ya pasti kita kuat terhadap Dolar,” ucapnya.

Sementara itu, Pakar Ekonomi dari Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) Samsul Anam mengungkapkan, menguatnya Rupiah terhadap dolar AS bukan hanya karena tensi perang dagang yang meredam, melainkan juga dipicu oleh gonjang ganjing BREXIT serta perlambatan ekstrim pada perekonomian beberapa negara maju seperti Tiongkok dan AS. “Bahkan saat ini beberapa negara berhadapan dengan resesi,” kata Samsu.

Kondisi Global tersebut, kata Samsu, berimplikasi pada perekonomian nasional dan lokal. Bank Indonesia melalui rapat dewan gubernur beberapa waktu lalu menurunkan BI 7-Day Repo Rate atau dulu dikenal sebagai Bunga Acuan.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top