PT AMIN Menambang Ilegal di Kolut : IUP di Tolala, Ambil Ore di Batu Putih – Kendari Pos
Kolaka Utara

PT AMIN Menambang Ilegal di Kolut : IUP di Tolala, Ambil Ore di Batu Putih

KENDARIPOS.CO.ID — Aktivitas penambangan yang dilakukan perusahaan berbendera PT Alam Mitra Nugraha (AMIN) di Kolaka Utara, diduga ilegal. Polda Sultra pun telah meminta perusahaan itu berhenti menambang karena disinyalir menambang diluar izin usaha pertambangan (IUP) yang dimiliki. IUP perusahaan itu berada di Desa Patikala, Kecamatan Tolala, namun diduga mengambil ore nikel di wilayah Laburino, Desa Mosiku, Kecamatan Batu Putih, Kolaka Utara.

Ilustrasi tambang nikel.

Gubernur Sultra Ali Mazi tak berkomentar banyak ihwal dugaan penambangan ilegal yang diduga dilakukan PT AMIN. Namun politisi NasDem itu berjanji akan melaporkan PT AMIN ke Kapolda bila tak punya izin melakukan aktivitas penambangan. Aturan hukum harus ditegakkan kepada perusahaan yang melakukan penambangan ilegal. “Tidak boleh menambang secara ilegal. Pihak yang merasa dirugikan juga harus segera melaporkan persolan itu ke ranah hukum, ” ujarnya. Ia mengaku tidak punya kewenangan untuk menyelesaikan persoalan hukum. Sebab Ali Mazi hanya mengurus soal kebijakan pemberian izin.

Ditanya soal oknum di perusahaan itu mencatut nama Wakapolda Sultra, ia berkelakar bila perusahaan itu harus ganti nama. “Nama perusahaannya jangan AMIN terus. Pakai Alhamdulillah juga, ” kelakar suami Agista Ariyani itu saat ditemui di Kantor Gubernur Sultra, Rabu (18/9). Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Sultra La Ode Mutanafas mengatakan akan memanggil PT AMIN untuk hearing. Sehingga dapat dipastikan, apakah aktivitas perusahaan itu melanggar aturan atau tidak. Saat ini, PT AMIN merupakan perusahaan legal yang terdaftar di ESDM. “Hearing dilakukan untuk mengetahui kebenaran, apakah mereka menambang di konsesi-nya atai ditempat lain. Rencananya kita akan gelar hearing setelah pembahasan APBD 2020 ,” ujar politisi PAN itu. (rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top