Program SMK 1 Kendari Mewujudkan SMK Dipercaya, Oleh : Prof. Hanna – Laman 2 – Kendari Pos
Kolom

Program SMK 1 Kendari Mewujudkan SMK Dipercaya, Oleh : Prof. Hanna

Jika kita memperhatikan aliran Empirisme, maka Nativisme merupakan paham yang menentang aliran John Locke. Nativisme berasal dari kata ‘nativs” (Bahasa Latin) berarti “ terlahir” atau “pembawan”. Menurut paham ini, dengan tokohnya filsuf dari Jerman, Schopenhauer (1788-1860) berpandangan bahwa anak-anak yang lahir ke dunia, telah memiliki pembawaan atau bakatnya yang akan berkembang menurut arahnya masing-masing. Pembawaan tersebut ada yang baik dan sebaliknya. Dengan demikian, perkembangan anak tergantung dari pembawaan sejak lahir.

Dalam aliran Nativisme disimpulkan keberhasilan anak ditentukan anak itu sendiri. Oleh karena itu pemikiran nativisme berorientasi pada pencapaian bawaan melalui pengamatan sesuai dengan bakat anak. Aliran Nativisme menekankan kemampuan dalam diri anak, sementara itu faktor lingkungan dan pendidikan, kurang berpengaruh terhadap pendidikan anak. Pembawaan sebagai faktor dominan, dalam pandangan aliran ini.

Schopenhauer berpendapat bahwa bayi lahir sudah dengan pembawaan baik ataupun sebaliknya. Keberhasilan pendidikan ditentukan anak itu sendiri. Pendidikan yang tidak sesuai dengan bakat dan pembawaan anak didik tidak akan berguna untuk perkembangan anak itu sendiri. Hal ini sesuai dengan istilah nativisme dari kata natie yang berarti terlahir. Bagi penganut aliran nativisme, lingkungan sekitar tidak ada artinya karena tidak berdaya dalam mempengaruhi perkembangan anak.

Meskipun dalam kenyataannya sering kali terjadi, seorang anak secara fisik mirip dengan orang tuanya dan anak juga mewarisi bakat-bakat orang tuanya. Namun pembawaan itu bukanlah merupakan satu-satunya faktor yang menentukan perkembangan. Jika kita mengamati aliran Empirisme dalam Pendidikan yang dikemukakan John Locke dalam “ An Easy Concerning Human Understanding”, berpendapat bahwa satu-satunya cara manusia memperoleh pengetahuan adalah melalui pengalaman atau penginderaan.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy