Potensi Zakat Sultra Rp 2,7 Triliun – Kendari Pos
Metro Kendari

Potensi Zakat Sultra Rp 2,7 Triliun

KENDARIPOS.CO.ID — Potensi zakat di Sultra dalam setahun menembus angka Rp 2,7 triliun. Namun, proses penghimpunan zakat yang dilakukan Badan Zakat Nasional (Baznas) belum begitu maksimal. Realisasi himpun zakat baru mencapai Rp 39 miliar setahun. Hal ini diungkapkan Kepala Baznas Sultra, H. A.M. Hasby Saing saat pelatihan manajemen tingkat dasar Baznas se-Sultra, (27/9).

H. A.M. Hasby Saing

Habsy mengatakan pihaknya akan terus mengoptimalkan potensi zakat. Adapun , potensi zakat khusus untuk seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sultra mencapai Rp 101 miliar. Namun baru bisa terkumpul Rp 11 hingga Rp 12 miliar. “Khusus, potensi zakat pegawai ASN lingkup Pemprov Sultra sekira Rp 14,4 miliar setiap tahun. Dan kita baru dapat mengumpulkan sekira Rp. 1,3 miliar tahun 2018,”ungkapnya.

Katanya, optimalisasi himpunan zakat dari ASN Pemrov telah dilakukan melalui surat edaran Gubernur Sultra. Namun masih banyak pula yang belum melakukan pelunasan zakat melalui Baznas dan menyerahkan langsung ke tempat-tempat yang juga membutuhkan.

“Karena himpun zakat belum optimal. Kita dapat saran dari staf ahli gubernur agar membuat surat yang nadanya berbunyi penekanan-penekanan kepada masing-masing OPD agar membuat laporan secara tertulis tentang pelaksanaan kegiatan pengelolaan zakat masing-masing OPD,”jelasnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy