Pilkada 2020, Nasdem Pastikan tak Minta Mahar – Kendari Pos
Politik

Pilkada 2020, Nasdem Pastikan tak Minta Mahar

Tony Herbiansyah


KENDARIPOS.CO.ID — Tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 tidak lama lagi akan dimulai. Di Sulawesi Tenggara (Sultra), sebagian besar partai politik belum membuka penjaringan bakal calon kepala daerah termasuk Nasdem. Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem Sultra, Tony Herbiansyah, mengatakan, masih menunggu petunjuk organisasi (PO) yang dikeluarkan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

“Insya Allah banyak peminat. Kami terus berkordinasi dengan DPP sambil membangun komunikasi politik dengan partai-partai lain,” ujar Tony Herbiansyah. Bupati Kolaka Timur ini juga memastikan memastikan bahwa Nasdem tidak akan menggunakan mahar dalam proses penjaringan itu demi lahirnya pemimpin berkualitas. “Insya Allah (tidak ada mahar). Itu sudah tradisi Nasdem,” tambahnya.

Dijelaskannya, partai besutan Surya Paloh itu membuka peluang bagi siapa saja yang potensial memimpin daerah. Kader mau pun nonkader. Ia juga membenarkan bakal maju di arena kontestasi lima tahunan itu. Diakuinya, secara informal sudah banyak partai yang melakukan komunikasi untuk mendampinginya. “Secara formal belum ada. Kita menunggu PO. Setelahnya akan dibuka pendaftaran. Yang mendaftar jadi wakil nanti dilihat dan disurvei siapa yang layak,” pungkasnya.

Pengamat Politik Sultra, Muh. Najib Husain, menyatakan, mahar politik akan mencederai proses demokrasi. Pasalnya, praktik ini bisa menghalangi pihak-pihak yang kompeten dan sebaliknya meloloskan mereka yang memiliki modal finansial padahal tidak kompeten.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy