Perencanaan Pemda tak Matang, NHPD Tertunda – Kendari Pos
Politik

Perencanaan Pemda tak Matang, NHPD Tertunda

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah daerah (Pemda) yang menyatakan berat terhadap jumlah pengajuan anggaran penyelenggaraan Pilkada 2020, menggambarkan jika perencanaan tidak matang. Sebab, pemilihan kepala daerah (pilkada) merupakan sesuatu yang pasti karena dilaksanakan secara berkala. Pernyataan itu disampaikan Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Syarifuddin.

Syarifuddin

“Berarti dia (Pemda) tidak melalui perencanaan yang matang. Sebab jika melalui perencanan yang matang, harusnya sudah terpikirkan sejak empat, tiga tahun yang lalu,” ujar Syarifuddin, kemarin. Menurut dia, apabila Pemda tidak ingin berat mengeluarkan dana hibah untuk penyelenggaraan Pilkada dalam satu tahun anggaran, bisa dianggarkan dalam beberapa tahun sebelumnya. Ia mencontohkan, dalam satu tahun sebelum pelaksanaan Pilkada sudah dianggarkan sebesar 50 persen dari perkiraan kebutuhan.

Sehingga, pemerintah daerah yang Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) di bawah Rp 1 triliun dalam setahun pun tak akan terasa berat menganggarkan dana penyelenggaraan Pilkada. Syarifuddin mengatakan, pemerintah daerah yang APBD-nya di bawah Rp 1 triliun biasanya di tingkat kabupaten/kota. “Memang masih ada daerah-daerah yang anggarannya (APBD) hanya di atas Rp 600-an miliar, ada daerah-daerah (hasil) pemekaran utamanya, yang baru mekar,” sambungnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy