Penyaluran Ultra Mikro di Sultra Capai Rp 939 Juta – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Penyaluran Ultra Mikro di Sultra Capai Rp 939 Juta

KENDARIPOS.CO.ID — Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi (DJPb) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat, sampai dengan per September 2019, penyaluran Program Ultra Mikro (UMi) terhadap para pelaku usaha di Sultra sudah mencapai Rp 939 juta. Kepala Bagian Umum Kanwil DJPb Sultra, Joko Pramono mengungkapkan, angka tersebut berasal dari penyaluran program UMi yang dilakukan oleh PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui programnya yakni ‘Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar)’. Program tersebut merupakan program yang ditujukkan kepada ibu rumah tangga produktif yang hidup dibawah garis kemiskinan. “Tahun ini, sebanyak 343 debitur sudah menikmati programnya,”ujarnya, Sabtu (22/9).

Joko optimis, angka tersebut bisa meningkat seiring potensi UMKM di Sultra yang sangat potensial untuk berkembang.Jika dilihat dari data dua tahun lalu (2017) sambung dia, potensi UMKM di Sultra, usaha mikronya tercatat sebanyak 77.619 dan usaha kecilnya sebanyak 26.978 dengan rasio pertumbuhan untuk usaha mikro sebesar 28 persen per tahun dan usaha kecil sebesar 25 persen per tahun. “Maka pada tahun ini, diperkirakan jumlah usaha mikro sebanyak 127.170 dan usaha kecil sebanyak 42.152. Sehingga jumlah total usaha mikro dan kecil di Sultra bisa mencapai 169.322,” ungkap Joko.

Ia menuturkan, potensi UMKM itulah sebagai sasaran penerima pembiayaan UMi di Sultra. Dari UMKM yang ada, katan Joko, ternyata baru 2.756 UMKM atau sekitar 2 persen dapat penyaluran pembiayaan UMi. Hal tersebut kiranya perlu didorong lagi untuk lebih banyak para UMKM ikut program UMi. “Potensi UMKM di sektor pariwisata, pertanian atau perkebunan serta sektor kelautan dan perikanan luar biasa di Sultra. Para pelaku UMKM di tiga sektor ini perlu didorong untuk maju dan berperan dalam ikut menjaga pertumbuhan ekonomi dan menyerap tenaga kerja. Dimana pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy