Pemkab Muna Ingin Kelola Pelabuhan Very Lagasa – Kendari Pos
Muna

Pemkab Muna Ingin Kelola Pelabuhan Very Lagasa

Demaga pelabuhan Very di Pure, Kecamatan Wakorsel Muna yang tuntas dibangun. Pemkab Muna telah mengajukan permintaan agar pengelolaan diserahkan ke daerah. Saat ini, prosesnya tengah digodok bersama pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

KENDARIPOS.CO.ID — Proyek pembangunan pelabuhan penyeberangan Raha-Pure telah rampung. Namun hingga kini, proyek senilai Rp 76 miliar ini tak kunjung beroperasi. Pengoperasian sarana infrastruktur strategis ini terbentur kuasa pengelolaan pelabuhan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna telah mengajukan permintaan agar pengelolaan diserahkan ke daerah. Namun prosesnya masih digodok oleh pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Plt. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Muna, Nifaki Toe menjelaskan, Pemkab ingin pengelolaan pelabuhan nantinya berada langsung dibawah kewenangan daerah. Alasannya, Kemenhub perlu mendorong pertumbuhan pendapatan asli daerah yang salah satunya dapat diperoleh jika pelabuhan tersebut dikelola langsung oleh Pemkab Muna. “Ini yang sedang dibahas lebih jauh bersama pusat,” jelasnya.

Pengelolaan pelabuhan, lanjutnya, harus diputuskan sejak awal sebab berdampak pada tanggung jawab pemeliharaan. Pemkab mengaku siap menganggarkan biaya perawatan jika diberi kewenangan mengelola secara langsung. “Bukan saja PAD, tapi nanti ada kewajiban merawatnya juga. Kami berharap tahun ini sudah bisa diresmikan,” sambungnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top