Pelanggar Yellow Box Junction Didenda Rp 500 ribu – Kendari Pos
Metro Kendari

Pelanggar Yellow Box Junction Didenda Rp 500 ribu

Yellow Box Junction

KENDARIPOS.CO.ID — Sejumpah persimpangan jalan di Kota Kendari tergambar garis-garis kuning menyilang. Simbol yang bernama Yellow Box Junction (YBJ) itu telah terpasang di traffic light Wuawua, Pasar Baru, Bundaran Tank Anduonohu, Bundaran Gubernur, dan eks MTQ Square. Pengendara yang melanggar simbol itu akan disanksi denda Rp 500 ribu dan atau pidana penjara.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVIII Sultra, Benny Nurdin Yusuf menyebutkan mulai saat ini Sultra khususnya Kota Kendari sudah mengadakan YBJ sebagai daerah percontohan. “Di daerah Sulawesi, pemasangan YBJ baru di Sultra. Ini sebuah terobosan yang bisa menjadi percontohan daerah-daerah lainnya,”ungkapnya.

Ia menambahkan, pengendara yang melanggar YBJ akan ditilang. Menurut pasal 287 ayat (2) juncto Pasal 106 ayat (4) huruf a, b dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pelanggar YBJ akan dikenakan hukuman pidana berupa kurungan 2 bulan penjara atau denda senilai Rp 500 ribu.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top