Pangkas Jalur Birokrasi, Pemkab Muna Terapkan E-goverment – Kendari Pos
Muna

Pangkas Jalur Birokrasi, Pemkab Muna Terapkan E-goverment

Wakil Bupati (Wabup) Muna, Malik Ditu (pegang mike) dan Kadis Kominfo Muna La Ode Ardian (kanan) saat soft launcing e-goverment di ruang rapat Bupati Muna, Selasa (17/9).

KENDARIPOS.CO.ID — Di bawah kendali duet Rusman Emba-Malik Ditu, Pemda Muna terus berinovasi. Selasa (17/9), Pemda kembali meluncurkan (soft launching) sistem pemerintahan berbasis teknologi atau e-goverment. Sistem itu akan memangkas jalur birokrasi sehingga lebih efektif dan efisien. Dalam mengembangkan website resmi pemerintah, Pemda menggandeng Universitas Muhammadiyah Makassar.

Wakil Bupati (Wabup) Muna, Malik Ditu menjelaskan peluncuran sistem tersebut merupakan upaya reformasi birokrasi yang selama ini dinilai masih terlampau rumit. E-goverment akan mendorong unsur perangkat pemerintahan bekerja lebih cepat dan terukur. Jalur koordinasi birokrasi akan dihimpun oleh teknologi.

“Jadi baik dari perencanaan sampai evaluasi semua terkontrol dalam satu sistem. Begitu pun jika pimpinan ingin melihat data bisa langsung buka website. Tidak perlu ke OPD” jelasnya Selasa (17/9).

Menurutnya, sistem pemerintahan di Muna akan lebih transparan terhadap publik. Hal itu meningkatkan akuntabilitas penyelenggara pemerintahan terhadap masyarakat. “Kominfo harus kita dukung agar 2020 nanti sudah bisa diberlakukan,” paparnya.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Muna, La Ode Ardian menyebut Pemkab menggandeng kampus untuk mengembangkan website resmi pemerintah, munakab.co.id menjadi lebih futuristik. “Website sudah hampir rampung tinggal finalisasi dan beberapa tambahan. Website itu ibaratnya miniatur Muna di dalam media elektronik,” jelasnya.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top