Mobilitas Kapal di Baubau Lancar, Harga Bahan Bangunan Stabil – Kendari Pos
Bau-bau

Mobilitas Kapal di Baubau Lancar, Harga Bahan Bangunan Stabil

Ilustrasi Bahan Bangunan

KENDARIPOS.CO.ID — Meski tidak masuk dalam wilayah yang dilalui tol laut, namun mobilitas kapal laut yang berlabuh di Pelabuhan Murhum Kota Baubau cukup lancar. Sesuai data Unit Penyelenggaran Pelabuhan UPP Kota Baubau jumlah kapal yang masuk dan berlabuh di Pelabuhan Murhum Kota Baubau dalam sebulan mencapai 800 kali. Jumlah itu gabungan antara kapal niaga dan kapal penumpang. Seluruhnya berasal dari berbagai wilayah khususnya Kawasan Timur Indonesia.

Lancarnya mobilitas kapal laut yang berlabuh di Pelabuhan Murhum Kota Baubau memberi pengaruh besar terhadap kondisi harga barang di daerah itu. Khususnya harga bahan bangunan. Ketersediaan stok bahan bangunan menjadi terjaga sehingga harga cenderung stabil.

Data yang dimiliki Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Baubau mencatat, kondisi harga bahan bangunan di wilayah itu dalam keadaan normal. Harga semen tonasa tetap stabil yaitu Rp 75.000 per sak. Demikian juga dengan harga besi ukuran enam milimeter Rp 29.000 per batang. Untuk harga seng polos BJLS 0,20 Rp 8 ribu per lembar.

“Lancarnya kapal laut yang masuk di Pelabuhan Murhum mendukung ketersedian stok barang tetap ada. Hal ini memberi pengaruh baik terhadap kondisi harga barang. Kalau mengalami penurunan mungkin tidak, tapi kalau mempengaruhi harga tetap stabil memang iya,” kata Kepala Dinas Perindag Kota Baubau, Radjlun saat ditemui kemarin.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top