Milenial di Panggung Parlemen : Kiprahnya Ditunggu, Suksesor Pemimpin Masa Depan – Kendari Pos
HEADLINE NEWS

Milenial di Panggung Parlemen : Kiprahnya Ditunggu, Suksesor Pemimpin Masa Depan

KENDARIPOS.CO.ID — Pemilihan legislatif (Pileg) 2019 memberi banyak cerita menarik. Bukan hanya karena dilaksanakan secara serentak, tapi juga munculnya banyak wajah baru di parlemen. Diberbagai tingkatan. Lebih menariknya lagi, ada generasi milenial diantara mereka. Figur yang selama ini tidak diperhitungkan, ternyata mampu menyeruak dan mengikis dominasi politisi senior di panggung parlemen.

Di Sultra, ada beberapa figur milenial yang membuat publik berdecak kagum. Bahkan cenderung nyaris tidak percaya dengan pencapaian mereka. Di DPR RI misalnya, ada nama Fachri Pahlevi Konggoasa. Putra Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa ini usianya baru 24 tahun. Namun, saat Pileg lalu mampu mengumpulkan 101.727 suara. Dia kini sejajar dengan politisi senior sekalibur Ridwan Bae, Ir Hugua, dan lainnya.

Di DPRD Provinsi juga tak kalah seru. Nama-nama milenial seperti Yudhianto Mahardika, Achmad Aksar dan Rifki Saifullah Razak juga menarik perhatian. Lolosnya mereka di parlemen cukup membuat publik kagum. Berada di dapil “neraka” (Kota Kendari), Yudhianto Mahardika berhasil menduduki posisi ketiga (12.917 suara) peraih suara terbanyak dari enam kursi yang diperebutkan. Putra Antom Timbang ini menyisihkan para kompetitornya yang notabene sudah malang melintang di politik.

Nama Rifki Saifullah Razak juga begitu. Usianya baru 27 tahun, namun putra Bupati Konkep ini mampu meraup 18.445 suara di Dapil Sultra VI (Konawe, Konut dan Konkep). Achmad Aksar tak mau kalah. Di usia baru 26 tahun, Putra Bupati Wakatobi ini bisa meraih 22.046 suara di Dapil Sultra IV (Buton, Baubau, Wakatobi, Busel, Buteng).

Di DPRD kabupaten/kota juga lebih bikin geleng-geleng kepala. Adalah Rizki Brilian Pagala yang baru berusia 24 tahun dan Devi Thesya Feriska Konggoasa yang baeru berusia 23 tahun, mampu lolos meyakinkan di parlemen Kota Kendari. Malah, untuk Rizki menjadi peraih suara terbanyak di Dapil 5 (Kadia-Wuawua).

Pengamat Politik Sultra, Dr. Muh. Najib Husain menilai tak ada yang salah dengan masuknya milenial di panggung parlemen. Menurutnya, ini akan menjadi kesempatan bagi mereka untuk membuktikan diri. Mereka harus mampu menjaga suara konstituen dengan merealisasikan janji-janji kampanye dan menjalankan peran sebagai penyampai aspirasi rakyat.

“Pemuda biasanya lebih peka terhadap keadaan di lapangan, banyak membaca, kinerja lebih maksimal, ruang lingkup aktivitas lebih luas. Jika dimanfaatkan sebaik-baiknya, para legislator ini bisa memperoleh kepercayaan rakyat,” ujar Najib Husain saat dihubungi, kemarin.

Sebagai anggota dewan baru, kata dia, legislator muda memiliki peluang besar untuk kembali bertarung di pemilu-pemilu yang akan datang. Jika sekarang tidak mampu menjaga hubungan baik dengan konstituen, maka kecil kemungkinan mereka bisa terpilih kembali. Salah satu penyebab pendahulu mereka tidak dipilih kembali, kata Doktor lulusan terbaik Universitas Gadjah Mada (UGM) ini, karena ketidakmampuan menjaga hubungan baik dengan konstituen.
Mengenai stigma negatif terhadap kaum muda, misalnya anggapan beratnya mereka mengemban tugas legislasi, Najib menilai satu-satunya cara adalah memberikan bukti melalui kinerja yang maksimal. Mengerti tugas anggota dewan dan menunjukan keberpihakan kepada rakyat. “Kiprah mereka di parlemen ditunggu. Itu akan menjadi jembatan bagi mereka apakah layak menyandang suksesor pemimpin masa depan atau tidak,” tegasnya.
Figur muda yang dikenal dengan daya kritisnya, lanjut dia, diharapkan berani mengkritik kebijakan yang tidak prorakyat. Bukan hanya di tataran legislatif atau antar fraksi, melainkan juga terhadap eksekutif. “Harus tegas. Mereka ini harapan baru bagi rakyat. Jangan sampai disia-siakan. Ini juga kesempatan mereka memperkaya pengalaman,” katanya.

Laman: 1 2

1 Comment

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy