Menteri Yassona Mundur dari Jabatan Menkumham – Kendari Pos
Nasional

Menteri Yassona Mundur dari Jabatan Menkumham

Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Yassona H. Laoly (kiri) dalam suatu kesempatan. Kini Yassona mundur sebagai Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia.

KENDARIPOS.CO.ID — Presiden Joko Widodo mempertimbangkan untuk menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) terkait Undang-Undang Nomor 30 tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Belum diketahui kapan Perppu tersebut akan diterbitkan. Namun, pihak istana sudah menyiapkan draf-nya.

Hal itu disampaikan Mensesneg, Pratikno. Menurutnya, sudah menjadi tugasnya mempersiapkan segala sesuatu untuk presiden. “Kita antisipasi apa pun keputusan Presiden dalam beberapa hari ke depan. Yang jelas tugas staf adalah menyiapkan segala sesuatu yang akan diputuskan pimpinan,” kata Pratikno di Masjid Baiturrahman Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (27/9).

Namun, dia tidak menyampaikan kapan Jokowi akan mengeluarkan Perppu tersebut. “Soal itu hanya presiden yang tahu. Saya hanya mempersiapkan saja. Waktunya tergantung presiden,” ujarnya. Seperti diketahui pada Kamis (26/9), Presiden Jokowi mengatakan mempertimbangkan untuk menerbitkan Perppu UU KPK. Namun, Jokowi menegaskan masih akan mengkalkulasinya. Terutama dari sisi politik. Kepala Negara juga belum dapat memastikan kapan akan menerbitkan Perppu UU KPK tersebut.

Revisi UU KPK berlangsung sangat singkat. Yakni 13 hari. Dimulai 3 September 2019 DPR menyetujui usulan revisi UU KPK yang diusulkan Baleg DPR. Presiden lalu menandatangani surat presiden (surpres) pada 11 September 2019. Selanjutnya rapat paripurna DPR RI mengesahkannya pada 17 September. Dalam Pasal 22 UUD 1945 menyebutkan perppu mempunyai fungsi dan muatan yang sama dengan undang-undang. Bedanya dari segi pembentukannya saja. Perppu dibentuk oleh Presiden tanpa persetujuan DPR RI. Alasan penerbitan Perppu karena ada suatu hal yang sangat genting. KPK sendiri menyebutkan ada 26 masalah dari revisi UU Nomor 30 tahun 2002 tentang KPK.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy