Mafia Beras Sedot Rp 5 Triliun dari Bulog – Kendari Pos
Nasional

Mafia Beras Sedot Rp 5 Triliun dari Bulog

Stok beras di gudang Bulog di Jalan P. Diponegoro, Kendari beberapa waktu lalu. Foto: LM Syuhada RIdzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Penyaluran beras Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Perum Bulog bocor oleh mafia. Para mafia atau oknum mencari berbagai celah untuk menyedot beras BNPT. Akibatnya, menurut Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menyebut kerugian negara mafia penyaluran beras BPNT mencapai Rp5 triliun.

Dijelaskan lelaki yang akrab disapa Buwas, pemerintah melalui Kementerian Sosial menganggarkan Rp20,8 triliun untuk program BPNT yang dialokasikan untuk 15,6 juta keluarga. Namun, dalam penyalurannya ada penyimpangan beras BPNT setidaknya 25 persen dari anggaran.

“Kurang lebih yang disimpankan setiap tahun Rp5 triliun, lebih dari sepertiga anggaran. Apalagi, Presiden menambah kegiatan BPNT ini menjadi Rp60 triliun, semakin banyak uang yang dikorupsi,” kata Buwas di Kantor Perum Bulog Jakarta, Senin (23/9).

Dikatakannya, dalam sebulan mafia penyalur beras BPNT meraup keuntungan Rp9 miliar. Modus yang digunakan salah satunya mengoplos atau mengganti beras premium dengan beras medium.

Setelah ditelusuri di lapangan, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima bantuan tersebut tidak pernah mendapatkan beras premium, melainkan beras medium dengan harga Rp7.500 per kilogram. Akibatnya, mereka mendapatkan jatah beras lebih sedikit, yakni maksimal hanya tujuh kilogram, dari yang seharusnya bisa 10 kilogram dengan beras kualitas medium.

“Kalau setiap bulan kita rata-rata dari penyalur, mereka sudah dapat keuntungan Rp9 miliar lebih. Saudara-saudara kita penerima BPNT harusnya terima 10 kilogram ini disunat hanya terima tujuh kilogram,” katanya.

Modus lainnya adalah menukar beras Bulog dengan beras lain yang kualitasnya lebih rendah ke kantung bermerek Bulog. Akibatnya, masyarakat penerima bantuan mengira beras produksi Bulog bermutu rendah, bau, berkutu dan kusam.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy