Lestarikan Lingkungan, Pemda Wakatobi Tanam Seribu Mangrove – Kendari Pos
Wakatobi

Lestarikan Lingkungan, Pemda Wakatobi Tanam Seribu Mangrove

KENDARIPOS.CO.ID — Festival Barata Kahedupa (FBK) tidak hanya sekedar ajang promosi budaya, namun juga berbagai kegiatan positif. Salah satunya ajakan menjaga lingkungan. Di sela-sela FBK, Pemda Wakatobi bersama aparat Kecamatan Kaledupa Selatan dan warga melakukan penanaman pohon mangrove di kawasan pinggir pantai. Aksi ini turut melibatkan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Aksi tanam 1000 bibit mangrove turut melibatkan kalangan pelajar SMP dan SMA, juga beberapa kepala OPD dan Pemda Wakatobi kemarin

Dari aksi tersebut, sebanyak seribu pohon mangrove atau yang populer dikenal pohon bakau sukses ditanam. Bakau yang tumbuh di daerah pasang surut ini penting diperhatikan guna menjaga lingkungan dan berkelanjutan lingkungan ekosistem wilayah pesisir. Dengan dilibatkannya para pelajar tentu dapat memberi pemahaman positif agar pelestarian lingkungan terus dilakukan.

Camat Kaledupa Selatan, La Salama mengungkapkan hadirnya mangrove sangat penting sehingga tetap menjaga garis pantai agar tetap stabil. “Nah kita sengaja mengajak anak-anak SMP dan SMA ini agar mereka bisa memahami dan sering terlibat dalam kegiatan seperti ini,” ungkapnya, Rabu (18/9). Selain menjaga kestabilan pantai, peran penting hutan bakau lanjut La Salama juga melindungi pantai dan tebing sungai dari kerusakan, seperti erosi dan abrasi. Penanaman bibit mangrove ini dilakukan pada pagi hari di Kecamatan Kaledupa Selatan. “Mengingat, kehadiran populasi pohon dan semak yang ada pada hutan mangrove tersebut dapat melindungi tepian pantai dari terjangan ombak langsung yang berpotensi menghantam dan merusak bibir pantai,” tambahnya. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top