Lelang Jabatan Pemkab Muna Terganjal ‘Restu’ KASN – Kendari Pos
Muna

Lelang Jabatan Pemkab Muna Terganjal ‘Restu’ KASN

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 15 jabatan eselon II Pemkab Muna hingga kini belum memiliki pejabat devinitif. Padahal kekosongan jabatan strategis ini sudah lebih dari setahun. Atas dasar itu, DPRD setempat mendesak agar pelaksanaan lelang jabatan dipercepat untuk menjaring pejabat defenitif. Kepala Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Muna, Rustam menjelaskan selain 15 OPD, lelang juga akan dilakukan pada dua jabatan eselon II yang segera purna tugas Desember mendatang. “Total 17 OPD kami siap lelang,” jelasnya.

Rustam mengaku pelaksanaan lelang masih sedikit terganjal pada ‘restu’ Komisi Aparatur Sipil Negara. Hal itu terkait rekomendasi Komisi untuk pengembalian pejabat eselon II yang sebelumnya terkena demosi. Namun ia menyebut jika instruksi Komisi tersebut akan segera disikapi secepatnya. “Ada rekomendasi sekitar dua minggu lalu. Hanya masih menunggu pimpinan untuk dipelajari. Setelah itu akan ditindak lanjuti, apa dikembalikan ke jabatan semula atau ada kebijakan lain. Karena bunyi rekomendasi KASN itu berbeda setiap nama,” paparnya.

Ketua Komisi yang membidangi Pemerintahan, DPRD Muna, La Ode Awal Jaya Bolombo menduga ‘restu’ KASN terganjal akibat mutasi yang dilakukan medio 2018 lalu pada beberapa pejabat eselon II masih menyisahkan masalah. Enam pejabat mengalami demosi kendati sesuai hasil job fit masih dinyatakan memenuhi syarat. Mereka diantaranya Syahrir, mantan Kepala Balitbang, Rimba Sua mantan Kepala Dinas Kesehatan, Lukman mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga. “Mereka harus dikembalikan dulu ke jabatan semula,” kata Awal Jaya mengutip isi rekomendasi KASN.

AJB, sapaan karibnya, mengaku akan memanggil BKPSDM ihwal rekomendasi tersebut. Komisi I juga akan menanyakan progres lelang jabatan yang belum kunjung dilakukan. Padahal menurutnya, jabatan pelaksana tugas hanya maksimal enam bulan, setelah itu harus ditunjuk pejabat defenitif melalui mekanisme asesment. “Kalau hanya plt, jelas kinerjanya tidak maksimal. Kewenangan mereka terbatas. Makanya kami akan lakukan hearing agar akar masalahnya bisa diketahui” imbuhnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top