Larangan Mantan Koruptor Maju Pilkada Masih “Gelap” – Kendari Pos
Nasional

Larangan Mantan Koruptor Maju Pilkada Masih “Gelap”

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Larangan mantan narapidana koruptor menjadi peserta pemilu belum menemui titik terang. Sejumlah kalangan menilai, perlu ada kemauan politik yang kuat bagi lembaga penyelenggara dan pengawas pemilu. Hanya saja, waktu yang sudah mepet dan berdekatan dengan pergantian DPR menjadi kendala utama.

Akademisi Universitas Islam Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin mengatakan, dorongan yang kuat dari KPU menjadi salah satu kunci utamanya. Hanya saja, jika aturan tersebut ingin dimasukkan dalam Undang-undang Pilkada, dia pesimistis hal itu terealisasi. Sebab, anggota DPR yang saat ini menjabat, masa jabatannya akan segera berakhir.

Sedangkan untuk dewan yang baru, dipastikan akan sulit untuk langsung bekerja dan membahas revisi tersebut. Butuh waktu bagi anggota dewan terpilih untuk menyeseuaikan diri. Belum lagi tarik ulur partai politik untuk menempatkan kadernya di komisi. “Saya rasa akan sangat sulit. Kecuali jika memang dibuat revisi terbatas. Yakni tidak membahas pasal secara keseluruhan. Hanya beberapa pasal saja. Di sini bukan cuma penyelenggara pemilu. Butuh komitmen dari semua pihak. Baik pemerintah maupun legislatif,” kata Ujang, kemarin.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top