KPK Mediasi Persoalan Aset Muna dan Mubar – Kendari Pos
Sulawesi Tenggara

KPK Mediasi Persoalan Aset Muna dan Mubar

KENDARIPOS.CO.ID — Persoalan aset antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) dan Muna bakal segera mendapat jalan keluar. Permintaan kedua Pemda agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terlibat dalam menuntaskan persoalan ini akhirnya diamini.
Koordinator Supervisi dan Pencegahan Fungsional Korwil VII KPK, Edy Suryanto menyatakan siap membantu menyelesaikan persoalan aset antara Pemkab Mubar dan Muna. Sebagai langkah awal, pihaknya akan mempertemukan kedua belah pihak.

“Insya Allah, Kamis (19/9) mediasinya akan digelar di Muna. Mediasi ini merupakan jalan tengah supaya penyerahan aset dari Pemda Muna sebagai kabupaten induk dan Mubar sebagai Daerah Otonom Baru (DOB) cepat terealisasi. Sebab sudah lima tahun Mubar mekar jadi DOB sampai sekarang penyerahan asetnya masih menemui kendala,” jelas Edy.

Poin penting dari mediasi itu kata dia, adalah rekonsiliasi dan inventarisasi aset. “Pada mediasi itu, masing-masing pihak mendata mana aset yang diberikan dan mana yang harus diterima. Diharapkan usai mediasi, dua bulan kedepan persoalan aset ini sudah tuntas,”jelasnya. Upaya mediasi penyerahan aset dari Pemda Muna ke Pemda Mubar ini lanjutnya, merupakan bagian pencegahan tindak pidana korupsi.

“Upaya pencegahan sudah dilakukan, ternyata ditemukan dugaan pelanggaran pidananya, maka langkah selanjutnya ialah penindakan,” tegasnya. Dia menduga terkatung-katungnya penyerahan aset dari kabupaten induk ke DOB dipicu oleh ego dua daerah. “Pengalaman kami menangani penyerahan aset di beberapa provinsi, masalah tidak selesai karena ego kepala daerah. Karena itu dengan mediasi ini diharapkan ego itu dapat dieliminir sehingga pada akhirnya ada titik temu,” pungkasnya. (b/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy