KPK Ancam Sita Kendaraan dan Pidanakan Penunggak Pajak – Kendari Pos
Metro Kendari

KPK Ancam Sita Kendaraan dan Pidanakan Penunggak Pajak

Yusuf Mundu

KENDARIPOS.CO.ID — Potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sultra begitu melimpah. Selain dari sektor pertambangan, Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) juga punya andil untuk mendorong pendapatan daerah. Hanya saja warga belum begitu sadar untuk membayar pajak kendaraan. Faktanya, tunggakan PKB di Bumi Anoa menembus angka Rp 836 juta, setara dengan biaya pengaspalan jalan rusak puluhan kilometer.

Tak heran, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyoroti pemilik kendaraan yang enggan membayar pejak kendaraan bermotor (PKB) di Sultra. Lembaga anti rasuah akan memberikan sanksi kepada penunggak pajak berupa, penyitaan kendaraan hingga tuntutan pidana. Ancaman itu disampaikan langsung oleh Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) KPK Fungsional Korwil VIII Edi Suryanto, saat konferensi pers, Selasa (10/9).

KPK mengapresiasi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sultra atas upaya percepatan pendapatan daerah dari sektor PKB. Sayangnya, kata Edi, upaya menekan tunggakan PKB yang dilakukan Bapenda Sultra tidak berbanding lurus dengan kepatuhan masyarakat, Pemda, maupun Badan Usaha se-Sultra yang memiliki kendaraan bermotor.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top