Jalan Trans Muna Masuk RPJMN – Kendari Pos
Muna

Jalan Trans Muna Masuk RPJMN

LM. Rusman Emba

KENDARIPOS.CO.ID — Dua program strategis Pemkab Muna ditetapkan menjadi prioritas pemerintah pusat oleh Badan Perencana Pembangunan Nasional. Program itu antara lain pembangunan jembatan penghubung daratan Konawe Selatan (Konsel) dan Muna. Satunya lagi adalah pembangunan jalan trans Muna sepanjang 70 kilometer. Perencanaan dua program tersebut sudah termaktub dalam dokumen rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN). Sementara realisasinya akan dilakukan secara bertahap selama lima tahun.

Bupati Muna LM. Rusman Emba mengaku bersyukur ide membangun jalan trans Muna disambut baik oleh Bappenas. Program itu dapat dipastikan akan terwujud melalui pembiayaan anggaran pendapatan dan belanja negara. “Kalau sudah masuk RPJMN berarti tidak bisa diganggu gugat lagi,” jelasnya.

Secara prinsip, proyek jalan trans Muna menghubungkan wilayah Sultra di daratan pulau Sulawesi dengan wilayah yang berada di pulau Muna dan Buton. Dengan begitu, jalan trans Sulawesi yang terhenti di Torobulu, Konsel dapat tersambung hingga pulau Buton di Bau-Bau. “Ide dasarnya itu menyatukan Sultra yang geografisnya kepulauan,” kata Rusman.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top