Izin Usaha Meningkat, PAD Buton Terdongkrak – Kendari Pos
Buton

Izin Usaha Meningkat, PAD Buton Terdongkrak

KENDARIPOS.CO.ID — Iklim usaha di Buton menunjukan tren positif. Hal ini terlihat dari jumlah izin usaha yang diterbitkan sejak tahun 2014 hingga 2019. Per-Agustus 2019, izin usaha mendominasi izin yang diterbitkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DMP-PTSP) Buton. Peningkatan jumlah izin usaha turut berimbas pada pendapatan asli daerah (PAD). Kabid Pelayanan dan Perizinan DPM-PTSP Buton, Wa Ode Isra mengatakan dari 228 izin yang terbit, sebanyak 81 adalah SIUP dan 4 izin usaha industri. Selebihnya, IMB sebanyak 29 izin, TDP 69 izin, jasa kontruksi sebanyak 35 izin. “Selain itu, ada izin lingkungan, izin limbah B3, izin penggololaan transfusi darah, izin arsip pendidikan, izin lokasi dan lainya,” rinci Wa Ode Isra saat ditemui di ruang kerjanya kemarin.

Kepengurusan izin di Dinas Penanaman Modal dan PTSP, menurutnya jika dilihat dari progres kepungurusan izin sejak tahun 2014 hingga masuk Agustus 2019 mengalami peningkatan yang signifikan. “Jadi setiap bulan ada peningkatan, sementara setiap usulan izin yang masuk dari masyarakat tetap kita proses. Sehingga dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup sinigfikan,” ucapnya. Sementara realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor perizinan hingga Agustus 2019 sudah mencapai 60 persen dari target Rp 100 juta . Capaian tersebut dari 228 izin yang diterbitkan, adapun capaian PAD tersebut berasal dari IMB.

“Selama ini PAD hanya dari IMB saja, namun kita akan terus mendorong agar selama beberapa bulan lagi ini bisa kita capai target. Dan kita akan terus berusaha melakukan sosialisasi agar masyarakat sadar sehingga bisa terus mengurus izin-izin usaha yang ada seperti IMB,” ujarnya. Ia menambahkan dalam beberap bulan terakhir ini pihaknya terus melakukan sosialisasi maupun monotoring atau evaluasi di setiap kecamatan hingga ke desa-desa.

Hal tersebut agar masyarakat memiliki kesadaran untuk mengurus IMB dan izin usaha-usaha yang lainnya.
“Saat ini, tingkat kesadaran masyarakat. Namun setelah kami turun ke lapangan melakukan sosialisasi, hasilnya mulai kelihatan. Terbukti belum lama ini ada beberapa perusahaan yang datang mendaftarkan perusahaannya untuk IMB,”tutupnya.(b/mel)

Hingga Agustus 2019, DMP-PTSP Buton Terbitkan 288 Izin

  1. 81 izin SIUP
  2. 4 izin Usaha Industri.
  3. 29 izin IMB
  4. 69 izin TDP
  5. 35 izin Jasa Konstruksi.
  6. 10 izin Izin Lingkungan, Limbah B3 dan lain
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top