IUP Terancam Dicabut, DPRD Kolaka Segera Panggil Manajemen PT. Vale – Kendari Pos
Nasional

IUP Terancam Dicabut, DPRD Kolaka Segera Panggil Manajemen PT. Vale

KENDARIPOS.CO.ID — Minimnya kontribusi dan belum adanya smelter PT.Vale di Kabupaten Kolaka menuai gelombang protes dari masyarakat. Desakan kontrak dan IUP PT.Vale dicabut menggema dalam aksi protes yang digelar, kemarin. Ketua Komisi III DPRD Kolaka, Hasbi Mustafa menerima aksi unjuk rasa. Dia mendukung gerakan pro rakyat itu.

Massa aksi mendesak DPRD Kolaka memanggil direksi PT.Vale karena dinilai perusahaan tambang itu minim kontribusi untuk masyarakat dan daerah

Legislator Hanura itu mengatakan, jika tuntutan massa tersebut tidak disahuti, maka IUP PT.Vale bisa dicabut. “Pemerintah pusat melalui Menko Kemaritiman telah menegaskan bahwa lokasi IUP yang menuai riak-riak dari masyarakat maka terancam akan dicabut, termasuk kontrak karya PT.Vale ini. DPRD berusaha memfasilitasi agar tuntutan massa disahuti karena jika dibiarkan maka akan menimbulkan riak-riak besar dan bermuara pada pencabutan IUP PT.Vale,” ujar Hasbi Mustafa saat menerima perwakilan massa di ruang rapat DPRD Kolaka, Kamis (12/9).

Aspirasi rakyat itu secepatnya di proses DPRD. Direksi PT.Vale akan dipanggil untuk rapat dengar pendapat (RDP) bersama Pemkab dan DPRD Kolaka. “Permintaan massa untuk RDP ini harus segera disikapi. Entah nanti pertemuannya di Kendari atau Jakarta itu tergantung komunikasi. Yang jelas harus ada pertemuan antara massa, Bupati Kolaka dan PT.Vale,” ungkap Hasbi Mustafa.

Hasbi yakin jika PT. Vale membangun smelter maka masyarakat dan Pemkab Kolaka akan merasakan hasil dari eksplorasi tambang. Olehnya itu, ia berharap agar PT.Vale segera merealisasikan janjinya membangun smelter. “Dari tahun ke tahun bahkan dari periode bupati ke periode bupati lainnya, PT. Vale belum merealisasikan membangun smelter. Kami berharap di periode bupati Ahmad Safei ini, smelter dibangun. Sebab jika itu tidak direalisasikan maka riak-riak ini tidak akan berhenti. Kami berharap PT.Vale segera bangun smelter agar bisa menyerap tenaga kerja sehingga kesejahteraan masyarakat bisa meningkat,” pintanya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top