Hutan di Kolut Terbakar, 2 Terduga Pelaku Diamankan – Kendari Pos
Kolaka Utara

Hutan di Kolut Terbakar, 2 Terduga Pelaku Diamankan

KENDARIPOS.CO.ID — Hutan Produksi Terbatas (HPT) kurang lebih 11 hektare (ha) di Desa Lawaki Jaya Kecamatan Tolala, Kabupaten Kolaka Utara terbakar sejak pukul 10.30 wita, Kamis (19/7). Polisi Sektor (Polsek) Tolala telah mengamankan dua orang pria yang diduga pelaku inisial H (27) dan TLP (72) warga setempat.

Suasana pemadaman api.

HPT yang terbakar itu merupakan wilayah perbatasan Kolut dengan Kabupaten Luwu Timur (Lutim), Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Kebakaran lahan dugaan sementara sengaja dilakukan H dengan cara membakar sisa tebangan kayu yang akan digunakan membangun pondok atau rumah kebun.

Kapolsek Tolala, Iptu Rahman SH membenarkan kejadian tersebut. H melakukan pembakaran dan meninggalkan lokasi menuju ke perkampungan untuk makan siang. Angin kencang mempercepat kobaran api melahap HPT setempat. “Menjalar ke kebun warga lain yang berisi tanaman lada dan lahan kosong,”tuturnya.

Melihat api semakin meluas membuat panik warga setempat. Personil Polsek Tolala dan pemadam kebakaran terjun ke titik api membantu masyarakat melakukan pemadaman. Meski berhasil ditanggulangi namun masih ada titik-titik api kecil yang diwaspadai bakal berkobar kembali.

Adapun TLP ditangkap saat melakukan aksi yang sama hingga mengakibatkan lahan kurang lebih satu ha terbakar. Kobaran itu mengancam SMA 1 Tolala mengingat api menjalar di area belakang bangunan. TLP membakar lahan sebagai tanda batas lahan yang akan dipatok. Hingga pukul 15.30 wita, petugas masih melakukan pendeteksian titik api untuk melakukan pemadaman. “Pelaku sementara kami introgasi di kantor,” pungkasnya. (rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top