Efek Kemarau, Kendari Berpeluang Alami Inflasi – Laman 2 – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Efek Kemarau, Kendari Berpeluang Alami Inflasi

Melihat fenomena itu, Pakar Ekonomi dari Universitas Halu Oleo (UHO), Prof. Dr. Nurwati, SE., M.Si memprediksikan Kota Kendari sebagai pusat ekonomi Sultra pada bulan ini berpeluang mengalami inflasi. Ia menuturkan, berdasarkan informasi BMKG bahwa musim kemarau di Sultra bakal berlangsung sampai dengan Oktober mendatang. “Meski dua bulan berturut-turut indeks harga konsumen (IHK) kita -0,31 persen dan -1,56 persen, kita perlu waspada. Karena biasanya musim kemarau menyebabkan produksi pertanian terganggu karena kekeringan. Itu bisa menyebabkan harga kebutuhan pangan khsusnya sayur mayur melonjak,” ungkapnya, Rabu (11/9).

Prof Nurwati mencontohkan, misalnya pada komoditi sayur kankung, bulan kemarin (Agustus) berkontribusi sebesar 0,18 persen terhadap deflasi di Kendari. Nah, kini bisa saja berbalik menjadi penyumbang inflasi dengan nilai yang sama akibat kemarau yang terjadi. “Sekarang sajakan harga sayur mulai naik. Harga kangkung misalnya yang sebelumnya dibanderol Rp 5 ribu per tiga ikat sekarang sudah Rp 5 ribu per ikat. Bisa berbalik,” kata Nurwati.

Bukan hanya pada komoditas kankung saja. Melainkan juga sayuran lain seperti Sawi dan Bayam yang merupakan sayur favorit masyarakat. “Kalau kemarau pasti produksi pertanian terganggu karena kekeringan. Kalau sudah begitu pasti stok kurang dan harganya pasti mengalami lonjakan dan berpeluang terjadi inflasi,” ucapnya.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top