DPR Tunda Empat RUU – Laman 2 – Kendari Pos
Nasional

DPR Tunda Empat RUU

Meskipun RUU KUHP ditunda, Bamsoet berharap RUU KUHP ini tetap menjadi catatan sejarah. Dia mengklaim Indonesia sudah berhasil melahirkan RUU KUHP yang terdiri ats 626 pasal. “RUU ini merupakan murni hasil karya anak bangsa,” ucapnya.

Sebelumnya, dalam Rapat Paripurna DPR RI, Selasa (24/9) DPR menyepakati menunda pengesahan RUU Pemasyarakatan. Ini dilakukan setelah forum lobi antara Pimpinan DPR, Pimpinan Komisi III DPR, Pimpinan Panja RUU Pemasyarakatan dan Menteri Hukum dan HAM. “Kepada seluruh anggota apakah menyetujui usulan penundaan pengesahan RUU Pemasyarakatan menjadi UU,” tanya Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah. Seluruh anggota DPR yang hadir dalam Rapat Paripurna tersebut menyatakan setuju.
Siap Berdiskusi Sementara itu, Menkumham Yasonna H Laoly siap berdebat dengan mahasiswa terkait sejumlah RUU yang dianggap kontroversi. Menurutnya, saat ini banyak isu yang dimanfaatkan untuk tujuan politik. Apabila mahasiswa ingin bertanya seputar RUU, pihaknya akan menyambutnya dengan baik. “Kalau mau debat, mau bertanya tentang RUU, datang ke DPR, datang ke saya. Mari kita diskusi,” tegas Yasonna di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/9).

Hal senada disampaikan Menkopolhukam Wiranto. Menurutnya dengan penundaan pengesahan RUU KUHP, RUU Pertanahan, RUU Pemasyarakatan, dan RUU Minerba, maka aksi demonstrasi tidak relevan lagi. Wiranto menyatakan, mahasiswa dan elemen masyarakat bisa menyampaikan masukan dengan cara lain. Antara lain dialog dengan DPR periode selanjutnya atau pemerintah. “Saya mengimbau agar demonstrasi yang menyangkut penolakan tentang undang-undang yang saat ini sudah ditunda lebih baik diurungkan. Ini akan membuat masyarakat tidak tenteram serta mengganggu ketertiban umum,” ujar Wiranto. (lan/fin)

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy