DP Rumah Subsidi di Kendari Mulai Mahal – Kendari Pos
Metro Kendari

DP Rumah Subsidi di Kendari Mulai Mahal

Perumahan bersubsidi Anduonohu Regency yang terletak di jalan Haluoleo, Kendari

KENDARIPOS.CO.ID — Para developer di Kota Kendari mulai membandel. Down payment (DP) dan biaya akad rumah subsidi menembus angka Rp 20 hingga Rp 50 juta. Padahal DP alias uang muka rumah murah hanya 5 persen dari harga jual rumah Rp 136 juta dengan masa kredit selama 20 tahun.

Mantan marketing salah satu rumah subsidi di Kota Kendari, AS berhenti menjadi marketing. Sebab ia merasa kini developer seenaknya dalam menjual rumah. Uang muka dan biaya akad, lebih mahal dari sebelumnya. Dulu paling mahal hanya Rp 7 juta, namun kini naik di atas seratus persen.

“Sekarang ini, harga DP dan biaya akad yang harus dibayarkan calon nasabah mencapai Rp 20 juta. Apalagi rumah subsidi yang lokasinya strategis bisa lebih mahal, bahkan hampir sama dengan DP rumah komersil,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI) Sultra, Iwan Setiawan mengatakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) terbagi menjadi dua. Ada yang berupa Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT), ada pula Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Di Sultra, masih ada sekira 6.000 masyarakat yang belum memiliki tempat tinggal alias backlog.

Dari kebutuhan rumah sebanyak itu, DPD REI Sultra hanya bisa menyediakan 3.500 rumah bersubsidi bagi masyarakat. “Kebutuhan rumah tiap tahun pasti bertambah. Mudah-mudahan, subsidi perumahan terus berlanjut dan kuotanya dari pusat bisa sesuai permintaan kami di daerah,” ujar Iwan Setiawan, Jum’at (13/9).

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy