Dewan Minta Sertifikasi Lahan di Kolaka Segera Dituntaskan – Kendari Pos
Kolaka

Dewan Minta Sertifikasi Lahan di Kolaka Segera Dituntaskan

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Polemik lahan Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka yang belum bersertifikat sangat disayangkan oleh DPRD Kolaka. Apalagi jumlahnya masih cukup banyak. Berdasarkan data, jumlahnya masih berkisar 100 persil atau 30 persen dari lahan Pemda.

Ketua Komisi I DPRD, Kolaka Bakri Mendong mendesak Pemda Kolaka untuk segera menyelesaikan persoalan tersebut. “30 persen itu bukan jumlah sedikit. Sudah saatnya pemda melakukan inventarisasi masalah. Jadi, jangan ditunda-tunda lagi,” ujar Bakri kemarin.

Legislator Golkar itu menambahkan inventarisasi dan verifikasi sangat perlu dilakukan. Sebab harga tanah bisa dimainkan oleh broker maupun pemilik tanah apalagi bila dirugikan dari awal. “Ada tanah masyarakat yang sudah berapa tahun tidak selesai. Ini harus diselesaikan tinggal bagaimana niat dan kemampuan daerah menyesekaikannya,” tuturnya.

Sambung Bakri, banyaknya sengketa pertanahan yang belum tuntas menyebabkan banyaknya aset yang dikuasai oleh Pemda Kolaka masih minim. Dia menilai, hal tersebut terjadi karena keteledoran dan kelemahan aparat yang menangani di masa lalu.

“Ada juga masyarakat pemilik lahan yang sudah menyerahkan ke pemda tapi dituntut lagi oleh ahli waris. Sehingga terjadi tumpang tindih kepemilikan,” tambahnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top