Deteksi Boraks dan Formalin Pada Jajanan dengan Bunga Terompet Ungu – Laman 3 – Kendari Pos
Kesehatan

Deteksi Boraks dan Formalin Pada Jajanan dengan Bunga Terompet Ungu

Ketua Peneliti Departemen Kimia Kedokteran FKUI Ade Arsianti menjelaskan bahwa penggunaan boraks dan formalin masih marak di masyarakat terutama digunakan oleh para pedagang jajanan anak-anak.

“Dampak boraks dan formalin itu sangat berbahaya bagi kesehatan dan perkembangan otak anak-anak kita. Meskipun penyalahgunaan boraks dan formalin sudah menurun, namun kita sebagai orang tua harus tetap waspada,” jelasnya, Senin (9/9).

Untuk mendeteksi kandungan boraks dan formalin dengan bunga ruellia, caranya ternyata cukup mudah dan bisa dilakukan dengan menggunakan peralatan sederhana di rumah. Cukup siapkan ulekan, pipet tetes, wadah berongga kecil seperti tempat cat air (palet), sampel makanan, air putih dan beberapa helai bunga Ruellia.

Sampel makanan dihancurkan sampai halus dan ditambahkan sedikit air. Setiap sampel makanan ditaruh di rongga palet yang berbeda-beda. Bisa diberikan label nama untuk menandai makanan apa saja yang diujikan untuk memudahkan identifikasi makanan. Lakukan hal yang sama pada bunga ruellia.

Setelah semua siap, ambil beberapa tetes cairan ekstrak bunga ruellia dan kemudian teteskan pada masing-masing sampel makanan. Amati perubahan warna pada sampel makanan. Makanan yang positif mengandung boraks akan berubah warna menjadi hijau dan makanan yang mengandung formalin akan berubah menjadi coklat-kemerahan.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top