Deteksi Boraks dan Formalin Pada Jajanan dengan Bunga Terompet Ungu – Laman 2 – Kendari Pos
Kesehatan

Deteksi Boraks dan Formalin Pada Jajanan dengan Bunga Terompet Ungu

Namun terkadang hal ini luput dari perhatian kita, karena anak-anak yang jajan tentu tidak memperhatikan hal semacam ini ketika mereka membeli jajanan. Asalkan ramai, rasanya enak, warnanya menarik, maka anak-anak sudah lahap menyantapnya.

Dalam penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), menemukan cara alami untuk mendeteksi adanya kandungan dua jenis bahan berbahaya itu pada jajanan. Staf dan peneliti di Departemen Kimia Kedokteran FKUI menemukan cara deteksi mudah boraks dan formalin menggunakan indikator ekstrak herbal, yaitu bunga terompet ungu.

Disebut juga dengan bunga ruellia (Ruellia tuberosa), bunga ini banyak ditemukan di pinggir jalan dan juga sangat mudah tumbuh dimana-mana.

Tanaman bunga yang berasal dari Meksiko, Karibia dan Amerika Selatan ini memiliki kandungan pigmen antosianin. Zat antosianin ini yang memberikan warna ungu pada bunga ruellia. Penelitian memanfaatkan zat antosianin yang sensitif terhadap derajat keasaman (pH) lingkungan yang ditandai dengan perubahan warna. Pada dasarnya antosianin yang terdapat pada bunga ruellia memiliki penanda warna: merah untuk pH 1-3, coklat-kemerahan untuk pH 5-6, coklat-kehijauan untuk pH 7-8, hijau untuk pH 9-11 dan kuning untuk pH 13-14.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy