Bupati Kolut Pimpin Aksi Tanam 6.750 Bibit Kakao – Kendari Pos
Kolaka Utara

Bupati Kolut Pimpin Aksi Tanam 6.750 Bibit Kakao

KENDARIPOS.CO.ID — Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) mengembalikan kejayaan kakao terus ditunjukan. Aksi penanaman bibit kakao terus dilakukan. Yang menarik, aksi ini dipimpin secara bergantian oleh bupati Kolut, Nur Rahman Umar dan wakilnya H. Abbas. Dari lima kali aksi, sebanyak 6.750 bibit kakao berhasil ditanam di atas lahan seluas 7,5 hektar. Bupati Kolut, Nur Rahman Umar berharap lahan-lahan yang telah dikosongkan dan dipersiapkan bisa melakukan penanaman. Dengan begitu, upaya Kolut mengembalikan kejayaan kakao bisa terealisasi. Jika melihat antusias masyarakat, ia cukup yakin program ini bisa berhasil.

Pemkab Kolut begitu serius menyukseskan program revitalisasi kakao. Melalui aksi tanam yang dipimpin Bupati Kolut, Nur Rahman Umar dan wakilnya, H Abbas, sebanyak 6.750 bibit kakao berhasil ditanam di atas lahan seluas 7,5 hektar.

“Ketika kita mulai menanam, berarti kita juga mulai merawatnya. Tentunya dengan harapan bibit kakao ini bisa tumbuh sumbur sehingga hasilnya bisa dipanen,” kata Nur Rahman Umar memotivasi petani di aksi tanam serentak di Desa Polaa Kecamatan Pakue Tengah, Rabu (18/9).
Kadis Perkebunan dan Peternakan Kolut, Ismal Mustafa mengatakan setiap titik yang dikunjungi dilakukan langsung bupati dan wabup. Dari aksi kemarin, sebanyak 1.800 bibit kakao yang ditanam dengan luas cakupan sekitar 2 hektar. “Ini aksi yang ke lima turun lapangan. Semua kecamatan dapat giliran minus Tolala,” katanya.

Daerah lain yang telah memulai penanaman kata dia, meliputi Desa Samaturu Kecamatan Watunohu seluas 2 hektar dengan jumlah tanaman 1800 bibit dan Kelurahan Batu Putih Kecamatan Batu Putih 0,5 hektar sebanyak 450 bibit. Selain itu, ada pula Kelurahan Lapai Kecamatan Ngapa dan Kalu-Kaluku Kecamatan Kodeoha yang sama-sama menanam 1.800 bibit kakao.

“Memulai di satu titik dan diikuti titik lainnya di kebun-kebun warga,” tuturnya. Bagi petani yang belum melakukan penebangan sambungnya, bisa menghubungi mambun di wilayah masing-masing untuk izin penggunaan chain saw (mesin potong) untuk menebang tanaman kakao tuanya. Begitu pula dengan kebutuhan bibit bisa melakukan konfirmasi untuk disalurkan bantuan secepatnya. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top