Berantas Illegal Fishing, Dinas Perikanan Butur Gandeng Polairud – Kendari Pos
Buton Utara

Berantas Illegal Fishing, Dinas Perikanan Butur Gandeng Polairud

KENDARIPOS.CO.ID — Meski telah dilarang, masih saja ada oknum yang menangkap ikan menggunakan bahan peledak. Aktivitas ilegal yang merusak ekosistem laut masih terjadi di perairan Kulisusu Utara dan Kulisusu, Buton Utara (Butur). Akibatnya, hasil tangkapan nelayan yang mengandalkan perahu kecil kian sedikit. Pasalnya, ikan di perairan yang dekat dengan bibir pantai berkurang.

Kepala Dinas Perikanan Butur, LM Karya Jaya Hasan tak menepis hal itu. Dalam upaya memberantas illegal fishing, pihaknya telah menjajaki kerjasama dengan penegak hukum. Tidak hanya itu, pihaknya juga berkoordinasi Pemprov Sultra. “Kami telah melakukan koordinasi dengan Polairud terkait maraknya aktivitas pemboman. Dinas Perikanan dan Kelautan Sultra juga kami koordinasikan karena menjadi gaweanya sesuai undang-undang yang ada,” ujar Karya Jaya Hasan saat ditemui di ruang kerjanya.

Di sisi lain, mantan Camat Kulisus itu juga terus melakukan pendekatan persuasif dengan nelayan. “Kita lakukan sosialisasi terkait dampak pemboman dan ancaman hukumannya,” tuturnya. Sosialisasi harus digencarkan seimbang dengan penindakan sehingga dampaknya terasa. Agar tak ada lagi oknum, yang merusak ekosistem laut demi kebutuhan ekonomi sesaat. Namun, dampaknya sangat besar bagi nelayan. “Pelaku pemboman oknum nelayan dari daerah lain sengaja datang di perairan Butur untuk mencari ikan dengan bom. Memang mengawasi perairan luas yang begitu besar sulit diawas. Namun, jika ada kesiriusan bukanlah hal mustahil,” tandasnya. (b/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top