Benahi Layanan, Disdukcapil Konsel Kejar Target Nasional – Kendari Pos
Konawe Selatan

Benahi Layanan, Disdukcapil Konsel Kejar Target Nasional

KENDARIPOS.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) terus berupaya membenahi pelayan administrasi kependudukan. Tahun 2019, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat memproyeksi mampu memenuhi target pemerintah pusat. Untuk mencapai target, Disdukcapil telah membentuk kader gerakan administrasi sadar kependudukan (GISA) tingkat kecamatan dan desa serta kader milenial untuk menargetkan pencapaian Kartu Identitas Anak (KIA).

Kepala Dinas Dukcapil Konsel, Nurlita Jaya AS mengungkapkan pencapaian kepengurusan KIA di Konsel baru mencapai 0,8 persen dari 97.000 jumlah anak yang telah layak mendapatkan KIA. Sementara pusat menargetkan sebanyak 10 ribu anak di Konsel telah memiliki KIA. “Namun angka capaian itu akan segera berubah. Saat ini, kami telah mendata lebih dari enam ribuan anak. Dalam waktu dekat, KIA akan dicetak dan disalurkan. Jadi yang masih tersisa sekitar empat ribuan lagi,” jelas Nurlita kemarin.

Untuk terus memenuhi target itu lanjut dia, optimalisasi tata kelola pelayanan dan menyampaikan informasi terus dilakukan. Pihaknya melakukan upaya jemput bola seperti melakukan pendataan langsung di kecamatan. “Untuk meningkatkan cakupan dokumen KIA kita membentuk kader milenial sadar administrasi kependudukan di tiga tempat. Yakni kecamatan Moramo di SMA 5 Konsel, Kecamatan Ranomeeto di SMA 2 Konsel, dan Kecamatan Konda di SMA 8 Konsel. Ini merupakan pilot project untuk memberikan pelayanan bagi anak sekolah dalam rangka penerima adminduk,” tuturnya.

Dikatakannya, kader milenial merupakan kelompok kelahiran akhir 80-an dan awal 2000-an. Salah satu perannya minimal kader ini memberikan pelayanan bagi dirinya sendiri. Yang nantinya itu bisa disebar luaskan. Di sisi lain, peran media diharapkan jadi pemicu program percepatan sosialisasi bagi masyarakat. Cakupan kartu identitas anak utamanya umur 0 sampai 17 tahun kurang satu hari. “Target secara nasional lainnya, untuk pelayanan akta kelahiran target 85 persen dari jumlah 115.319 jiwa. Yang sudah memiliki akta sebanyak 95.150 jiwa atau 82,51 persen. Yang belum memiliki akta kelahiran 20.000 atau 17 persen. Secara keseluruhan target nasional sudah mendekati,” paparnya.

Untuk pelayanan di 2019, pihaknya telah melaksanakan pelayanan meliputi Kartu Keluarga, KTP Elektronik, Pindah Domisili dan KIA. Adapun jumlah penduduk di Konsel per 1 Agustus berjumlah 311.615 jiwa. “Wajib KTP berjumlah 213.293 jiwa. Yang sudah melakukan perekaman sebanyak 207.526 jiwa. Yang belum merekam 5.767 jiwa. Dari jumlah itu 97 persen warga Konsel sudah merekam. Sedangkan sisanya sebangak 2,3 persen. Artinya, data tersebut sudah melewati target nasional yang diberikan pemerintah pusat,” tutur Nurlita. Ia berharap peran serta masyarakat akan pentingnya kesadaran untuk mengurusi dokumen kependudukan. Sebab, sambungnya, dokumen kependudukan sangat penting bagi masyarakat. Terlebih lagi kepengurusan dokumen kependudukan bersifat gratis. (b/kam)

KAMALUDDIN/KENDARI POS
TARGET : Untuk memenuhi target nasional, Disdukcapil Konsel tidak hanya memaksimalkan pelayanan namun juga membentuk kader di tingkat desa dan kecamatan yang diberi nama GISA dan kader milenial. Tampak Kepala Dinas Dukcapil Konsel, Nurlita Jaya AS (pegang mike) saat melakukan konfrensi pers kemarin.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top