Bekali Pelatihan, Bupati Kolut Dorong Pengembangan UKM – Kendari Pos
Kolaka Utara

Bekali Pelatihan, Bupati Kolut Dorong Pengembangan UKM

Bupati Kolaka Utara (Kolut), Nur Rahman Umar didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kolut (kanan) mengalunkan id card peserta pelatihan di salah satu hotel di Lasusua, Selasa (24/9).

KENDARIPOS.CO.ID — Kepedulian Bupati Kolaka Utara (Kolut), Nur Rahman Umar dalam mendorong pengembangan usaha kecil menengah (UKM) begitu besar. Berbagai program telah dilakukan orang nomor satu di Bumi Patampanua ini dalam mengangkat status pelaku UKM. Tidak hanya melalui pendampingan dan bantuan modal, namun juga peningkatan kompetensi melalui pelatihan.

Selasa (24/9), sebanyak 40 pelaku UKM di Kolut mendapat kesempatan mengikuti pelatihan kewirausahaan yang dilangsungkan di salah satu hotel di Lasusua. Kegiatan yang bertujuan meningkatkan kapasitas pelaku usaha ini dibuka langsung Bupati Kolut, Nur Rahman Umar.

Pasangan H Abbas ini berharap pelaku usaha bisa mengimplementasikan ilmu yang diperoleh selama pelatihan. Dengan bekal pelatihan, pelaku usaha bisa lebih lihai melihat peluang-peluang usaha di lapangan. “Bukan modal dulu tetapi kemauan untuk berusaha dan jeli melihat peluang di dalamnya. Memang kita butuh modal tetapi bukan itu hal pertama. Sebelum saya di pemerintah, saya juga wiraswasta,” ujarnya kemarin.

Dalam memulai usaha, tidak boleh mengikuti tren atau ikut-ikutan. Sebab usaha seperti ini biasanya mudah “redup”. Seorang usahawan harus mencari peluang. Sebagai daerah penghasil kakao, banyak usaha yang bisa dimulai seperti penjualan bibit, pupuk, peralatan pertanian, racun hingga kreatifitas makan olahan hasil kakao. “Ini satu bidang dan masih banyak yang lainnya,” sarannya.

Yang menjadi seseorang tidak berubah, lantaran tidak berani mengambil resiko memulai usaha. Padahal, tidak ada satu kegiatan usaha yang tidak berhasil tanpa diawali dengan sebuah tindakan. Contoh lagi, untuk pemasaran sayur mayur di sejumlah pasar di Kolut saja dominan diisi produk dari luar wilayah.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top