Atasi Ketersediaan Air, Bupati Konut Gagas Pamsimas – Kendari Pos
Konawe Utara

Atasi Ketersediaan Air, Bupati Konut Gagas Pamsimas

KENDARIPOS.CO.ID — Ketersediaan air bersih di Konawe Utara (Konut) menjadi salah satu sektor kebutuhan masyarakat yang dinantikan. Untuk itulah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konut berencana akan melakukan penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas). Bupati Konut, Ruksamin menuturkan rencana program Pamsimas akan dikerjakan di 20 desa. Namun jumlah tersebut akan ada penambahan tergantung kebutuhan.

Ruksamin (Bupati Konut)

“Bila masih ada yang belum teraliri di masing-masing rumah warga. Maka tahun 2020 kita anggarkan kembali melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang untuk penambahan. Karena seperti yang ditargetkan 2021 tidak ada lagi rumah yang belum teraliri air atau belum terpasang pipanya,”ujar Bupati Konut, Ruksamin didampingi wakilnya, Raup saat membuka sosialisasi di Aula Anawaingguluri, Kamis (19/9).

Tujuan program Pamsimas untuk meningkatkan jumlah warga masyarakat kurang terlayani, berpendapatan rendah di wilayah pedesaan agar dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan. Termasuk meningkatkan penerapan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat dalam rangka pencapaian target sektor air minum dan sanitasi melalui pengarusutamaan dan perluasan pendekatan pembangunan berbasis masyarakat. “Sasaran program ini adalah yang belum pernah mendapatkan program Pamsimas. Cakupan akses air minum dan sanitasi aman yang masih rendah dan prevalensi penyakit diare atau yang dapat ditularkan melalui air dan lingkungan,” pungkasnya. (b/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top