Arhawi Buka Festival Barata Kaledupa – Kendari Pos
Wakatobi

Arhawi Buka Festival Barata Kaledupa

Festival Barata Kahedupa. Foto : Jerry Adiguna

KENDARIPOS.CO.ID — Festival Barata Kahedupa (FBT) yang ketiga kalinya resmi dibuka. Dihelat di Kecamatan Kaledupa Selatan, FBT dibuka langsung oleh Bupati Wakatobi, H Arhawi yang didampingi wakilnya, Ilmiati Daud. Event yang dipusatkan di lapangan Kecamatan Kaledupa Selatan dibuka dengan acara hennauka moane (sunatan anak laki-laki) dengan prosesi adat.

Bupati Wakatobi, H Arhawi mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya. Pembukaan FBT yang sukses dihelat ini tak hanya sebagai pelestarian budaya melainkan juga sebagai ajang silaturahmi antara Pemda Wakatobi dan masyarakat Kaledupa.

“Saya ingin memberikan apresiasi kepada pihak Camat Kaledupa Selatan dan Kaledupa Induk, tokoh adat, panitia hingga pihak lain dan masyarakat yang terlibat dalam even ini,” ungkap Arhawi.

Animo masyarakat yang cukup tinggi dalam menghadiri agenda yang telah masuk dalam kalender even tahunan ini membuatnya bangga dan terharu. “Kita takjub akan tingginya partisipasi masyarakat Kahedupa. Gambaran keadaan ini sangat membesarkan hati kita akan kebudyaaan yang kita miliki. Saya mengajak kita semua untuk menjunjung tinggi nilai adat dan budaya yang kita milik. Mari kita terus melestarikan budaya yang kita miliki ini,” tambahnya.

Sementara itu, Camat Kaledupa Selatan, La Salama mengatakan even tahunan ini secara kebetulan dilaksanakan di Kaledupa Selatan diharapkan sebagai wahana utuk semua kalangan masyarakat. “Kita bisa melestarikan budaya yang telah diwariskan oleh leluhur dan tidak luntur oleh budaya luar sehingga kita tidak kehilangan jati diri dan budaya lokal,” paparnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top