Akademisi UMK dan KMS Anti Korupsi Sultra Tolak Revisi KPK – Kendari Pos
Nasional

Akademisi UMK dan KMS Anti Korupsi Sultra Tolak Revisi KPK

KENDARIPOS.CO.ID — Bola panas revisi UU KPK Nomor 30 tahun 2002 ada di tangan Presiden Jokowi. Sebelum presiden membubuhkan tandatangan dalam usulan revisi itu, suara-suara aktivis dan akademisi anti korupsi mengumandangkan penolakan revisi.

Gema tolak revisi UU juga datang timur Indonesia. Para akademisi di Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) sepakat menolak upaya pelemahan KPK dibalik misi DPR RI melakukan revisi. Dekan Fakultas Hukum UMK, Rasmuddin mengungkapkan, revisi UU Nomor 30/2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU KPK), merupakan upaya DPR melemahkan KPK secara kelembagaan. “Kami selaku akademisi UMK menolak keras upaya pelemahan KPK yang dilakukan oleh DPR. Saat ini, masyarakat Indonesia menggantungkan harapan pemberantasan korupsi kepada KPK, yang menjadi satu-satunya lembaga yang diakui integritasnya oleh masyarakat,” ujarnya dalam forum bertajuk “Akademisi UMK Menolak Revisi UU KPK” di UMK, Rabu (11/9).

Mahasiswa dan akademisi UMK serta organisasi anti korupsi menyatakan sikap menolak revisi UU KPK. Tampak Koordinator KMS Anti Korupsi Sultra, Kisran Makati (empat dari kiri) dan Dekan Fakultas Hukum UMK, Rasmuddin (lima dari kiri) dalam diskusi di Kampus UMK, Rabu (11/9).

Saat ini, 200-an juta rakyat Indonesia menggantungkan kepercayaan kepada KPK memberantas korupsi. Sehingga, negara seharusnya fokus pada penguatan KPK, bukan malah melemahkannya. Pasalnya, eskalasi korupsi saat ini kian hari kian merajalela, dengan melibatkan semua cabang kekuasaan, hingga pengusaha. Sehingga, pilihan menguatkan KPK sebagai lembaga independen menjadi jawaban yang tepat. “KPK harus diberi kebebasan, lembaga ini tidak bisa dipengaruhi oleh kekuasaan maupun politik. Sikap tegas Presiden sangat dinantikan, agar negara tak lagi terus berada pada zona degradasi karena korupsi merajalela,” tegas Rasmuddin.

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top