400 Hektare Lahan Gambut di Koltim Terbakar – Kendari Pos
Nasional

400 Hektare Lahan Gambut di Koltim Terbakar

Petugas lintas lembaga bekerja sama memadamkan api yang melahap lahan hambut di Kecamatan Lalolae, Kolaka Timur. Manggala Agni menyebut sekira 400 hektare lahan terbakar.


KENDARIPOS.CO.ID — Kepulan asap di atas lahan gambut di Kecamatan Lalolae, Kabupaten Kolaka Timur masih mengepul. Titik api belum berhasil dipadamkan. Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) mulai mengintai warga Komandan Operasi Manggala Agni Tinanggea, Yanuar Fanca Kusuma mengungkapkan saat ini api yang melahap lahan gambut di Kecamatan Lalolae belum bisa tertangani maksimal. “Luas area lahan yang terbakar sudah mencapai 400 hektare lebih,” ujarnya saat dihubungi Kendari Pos, Rabu (18/9).

Kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) membuat masyarakat resah. “Sudah ada beberapa masyarakat yang mengeluhkan mengenai kabut asap ini. Bahkan sebagian masyarakat sudah terpantau mendatangi Puskesmas,” ungkap Yanuar Fanca Kusuma.

Fanca mengaku pihaknya akan terus bekerja memadamkan api. Manggala Agni Tinanggea juga sudah meminta perkuatan bantuan peralatan pemadam. “Kita dibantu dari Pencinta Alam, TNI, Polri untuk memadamkan Karhutla ini. Untuk peralatan yang kurang juga sudah kita ajukan supaya dibantu seperti selang, suntik gambut, dan alat Y connection,” jelasnya.

Polda Sultra menduga peristiwa kebakaran lahan gambut di Koltim ini diduga tidak hanya persoalan alam semata. Tetapi ada unsur kesengajaan dari orang atau pihak tertentu. Polisi sudah diturunkan untuk menyelidiki.

“Kita mengindikasikan kebakaran hutan itu akibat ulah oknum yang sengaja membakarnya guna kepentingan membuka lahan. Saat ini personel polisi terus menyelidiki dan mencari pelakunya,” kata AKBP Harry Goldenhardt, Kabid Humas Polda Sultra, kemarin.

AKBP Harry Goldenhardt mengungkapkan pihaknya telah memetakan daerah yang berpotensi Karhutla cukup tinggi. Daerah itu adalah Kolaka Timur, Kolaka Utara dan Bombana.

“Saat ini Kolaka Timur menjadi daerah terparah terjadinya Karhutla. Personel polisi sudah kita kerahkan ke titik kebakaran bersama Manggala Agni untuk memadamkan api,” tambahnya.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top