300 Pasutri di Mubar Siap Jalani Sidang Isbat – Kendari Pos
Muna Barat

300 Pasutri di Mubar Siap Jalani Sidang Isbat

KENDARIPOS.CO.ID — Tidak hanya sah secara agama, menikah harus tercatat secara administrasi. Untuk mendapat pengakuan negara, pasangan suami istri (pasutri) harus memiliki buku nikah. Di Muna Barat (Mubar) ternyata masih banyak Pasutri yang belum mendapat pengakuan negara. Persoalan ekonomi, pendidikan hingga ketidaktahuan membuat warga memilih menikah siri atau cukup sah secara agama.

Bupati Muna Barat (Mubar), LM Rajiun Tumada (podium) memberi sambutan dalam kegiatan terpadu sidang isbat di gedung Barugano Lawa Kelurahan Wamelai Kecamatan Lawa, Jumat (27/9).

Melihat kondisi seperti, Pemerintah Kabuptaten (Pemkab) Mubar bekerjasama dengan Pengadilan Agama Raha menggelar sidang isbat bagi Pasutri yang telah menikah siri. Sebanyak 300 Pasutri yang tersebar di enam kecamatan akan ikut serta mengesahkan status pernikahannya.

Kepala Pengadilan Agama Raha, Mustafa mengatakan sebenarnya ada 400 pasutri yang akan menjalani sidang isbat. Rinciannya, kecamatan Sawerigadi 43 pasutri, Barangka 56 pasutri, Lawa 65 pasutri, Wadaga 80 pasutri, Kusambi 136 pasutri dan Napano Kusambi sebanyak 50 pasutri. Namun setelah dilakukan verifikasi, 100 pasangan tidak memenuhi syarat.

“Hanya 300 pasangan yang dinyatakan lulus mengikuti sidang isbat. Itu dikarenakan, tidak sesuai dengan persyaratan yang masih berstatus suami atau isteri orang. Pasalnya, proses cerai mereka hanya dilakukan secara adat,” ujarnya kemarin.

Laman: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top