254 Pabrik Rokok Terancam Gulung Tikar – Kendari Pos
Nasional

254 Pabrik Rokok Terancam Gulung Tikar

Ilustrasi Rokok

KENDARIPOS.CO.ID — Pengusaha rokok mengeluhkan kenaikan cokok rokok yang terlalu tinggi sebesar 23 persen dan Harga Jual Eceran (HJE) 35 persen. Bila rencana ini jadi direalisasikan pemerintah pada tahun depan, sedikitnya ada 254 pabrik rokok di wilayah Jawa Timur yang akan terancam gulung tikar.

Menanggapi hal itu, DirekturRiset Center of Reform on Economics (Core) Indonesia, PieterAbdullah mengatakan, meragukan kekhawatiran para pengusaha atau perusahaan rokok akan bangkrut. Menurut dia, kenaikan rokok masih terbilang wajar. “Saya tidak yakin 254 pabrik rokok akan gulung tikar. Kenaikan cukai tidak akan signifikan mengurangi konsumsi rokok. Mereka bisa jadi pindah ke rokok yang lebih murah atau bahkan rokok ilegal. Pabrik-pabrik memang akan menghadapi penurunan penjualan karena penurunan pembelian. Tapi tidak akan sampai mengakibatkan kebangkrutan,” ujar Pieter , Minggu (22/9).

“Isu yang paling penting menurut saya dari cukai bukan bahaya kebangkrutan pabrik rokok. Tapi kualitas konsumsi masyarakat akan memburuk,” sambungnya. Sementara Wakil Ketua Lembaga Demografi Universitas Indonesia, Abdillah Hasan menuturkan, terkait kenaikan cukai rokok Kementerian Keuangan (Kemenkeu), ada tiga aspek dalam kebijakan cukai yaitu pengendalian konsumsi (kesehatan), penerimaan negara dan pengaturan industri. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, menyitir bahwa prevalensi merokok usia 10-18 tahun meningkat dari 7 persen (2013) menjadi 9 persen (2019).

Laman: 1 2 3

1 Comment

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy