Terapkan SP4N Lapor, OPD Bombana Wajib Ditindaklanjuti Keluhan Masyarakat – Kendari Pos
Bombana

Terapkan SP4N Lapor, OPD Bombana Wajib Ditindaklanjuti Keluhan Masyarakat

KENDARIPOS.CO.ID — Pemkab Bombana terus berbenah. Kali ini, pemerintah dibawah komando H Tafdil menerapkan layanan aduan atau keluhan masyarakat berbasis IT. Dengan penerapan sistem ini, warga tak perlu repot-repot lagi berkunjung ke kantor pemerintahan atau DPRD. Warga tinggal mengakses link yang disiapkan Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Bombana. Melalui sistem ini, mereka tinggal menyampaikan keluhannya. Setiap keluhan yang disampaikan bakal ditindaklanjuti.

Kepada Diskominfo Bombana, Kalvarios

Kepada Diskominfo Bombana, Kalvarios mengatakan pemerintah membuka ruang bagi warga yang ingin menyampaikan keluhan. Agar lebih efektif dan memudahkan, pemerintah menerapkan sistem pelayanan publik yang bisa diakses secara online. Sistem ini merupakan implememtasi dari Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi Pengaduan On Line Rakyat (Lapor) KemenPAN-RB. Pembuatan sistem ini digagas bersama sejumlah kementerian dan lembaga negara seperti KPK.

Sistem ini terterkoneksi dengan server KemenPAN-RB dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Yang mana, setiap OPD memiliki admin untuk mengelola laporan masyarakat. Semua laporan yang masuk melalui SP4N Lapor ini wajib ditindaklanjuti. Bila tidak, KemenPAN-RB akan menyurat ke Bupati untuk menegur OPD terkait,” paparnya saat sosialisasi SP4N Lapor. Untuk memantau aduan yang masuk, Diskominfo akan melakukan pencatatan. Secara statistik, akan terlihat OPD yang betul-betul merespon keluhan masyarakat maupun yang slow respon. “Nantinya, laporan aduan masyarakat akan kita publikasikan. Tentunya ini akan menjadi bahan penilian tersendiri KemenPAN maupun bupati,” papar pria yang juga menjabat staf ahli ini.

Kepala Bidang Pengelolaan Sistem Informasi Pelayanan Publik Kementerian PAN RB RI, Emida Supardi menjelaskan tujuan sistem SP4N Lapor ini untuk mewujudkan 2025 tahun pelayanan prima. Untuk itulah, pusat terus mendorong pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Ia pun mengapresiasi Pemkab Bombana yang merespon penerapan sistem ini. “Setiap aduan yang masuk wajib ditindaklanjuti sebagaimana diatur dalam Undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang layanan publik. Sanksinya, juga sudah ada,” tegasnya.

Untuk mengakses SP4N Lapor tambahnya, tidak hanya melakukan aplikasi namun juga bisa menggunakan SMS. Warga tinggal mengetik aduannya lalu kirim di nomor 1708. Laporan yang masuk terkoneksi dengan Pemda, KemenPAN-RB, KPK termasuk Ombusdman. “Kalau masyarakat Bombana mau lapor tinggal tulis Bombana spasi laporannya kamudian kirim ke 1708. Jangan takut melapor, karena keamanan pelapor dijamin termasuk dari KemenPAN-RB menjamin keamanan pelapor,” tutupnya. (b/kmr)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top