Surunuddin Minta Pemprov Tuntaskan Proyek Terminal Tipe B yang Terbengkalai – Kendari Pos
Konawe Selatan

Surunuddin Minta Pemprov Tuntaskan Proyek Terminal Tipe B yang Terbengkalai

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Konawe Selatan (Konsel), H Surunuddin Dangga prihatin melihat kondisi terminal tipe B di Desa Sanggi-sanggi, Kecamatan Baito. Proyek yang dibangun sejak 2017 ini, kini terbengkalai. Bangunannya telah dipenuhi semak belukar. Begitu pun dengan area terminal seluas tiga hektar. Ia pun meminta Pemprov Sultra segera menuntaskan proyek ini. Pasalnya, Pemda Konsel sudah terlanjur menghibahkan lahan untuk pembangunan terminal ini. “Saya harap dinas terkait bisa menseriusi pembangunan terminal itu. Sebelumnya, kita ada perjanjian. Kami yang siapkan lahan, Pemprov yang bangun. Kami sudah bebaskan lahan dengan anggaran mencapai Rp 1 miliar, kini tinggal dirampungkan saja,” tandasnya.

Surunuddin Dangga.

Mantan ketua DPRD Konsel ini menjelaskan, pemanfaatan terminal yang terletak di Desa Sanggi-sanggi tepatnya poros kecamatan Baito-Palangga itu sangat dinanti-nanti masyarakat. Khususnya dalam rangka pengaktifan trayek angkutan pedesaan. Di sisi lain, terminal ini merupakan wujud komitmen Pemda Konsel dan Pemprov dalam rangka layanan transportasi.

“Kita harapkan agar ini diselesaikan , karena mau aktif trayek, angkutan pedesan. Di samping itu, kita ingin tertibkan layanan angkutan kota dalam provinsi (AKDP) sehingga bisa maksimal. Termasuk efisiensi tempat bongkar muat penumpang. Jadi, ini sebagai penghubung, baik antar kota, kabupaten, kecamatan dan perdesaan. Jadi, semua terpusat di situ,” imbuhnya.

Dengan difungsikannya terminal itu sambungnya, wajah Konsel sebagai daerah perkotaan akan semakin nampak.

“Ciri sebuah kota itu, trayeknya harus lancar. Makanya, sekali lagi kami minta dinas terkait agar bisa segera diselesaikan. Lagi pula, untuk apa kita membebaskan lahan dengan biaya miliaran tapi pada akhirnya tidak difungsikan,” ulangnya mengingatkan.

(b/kam)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top